PENGARUH SELF HELP GROUP (SHG) TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINGKAT KETERGANTUNGAN PENGGUNAAN GAWAI PADA REMAJA KELAS X DI SMK NEGERI 37 JAKARTA

Selviana, Erlis (2025) PENGARUH SELF HELP GROUP (SHG) TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINGKAT KETERGANTUNGAN PENGGUNAAN GAWAI PADA REMAJA KELAS X DI SMK NEGERI 37 JAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (615kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (17MB)

Abstract

Latar Belakang: Kasus ketergantungan gawai setiap tahunnya mengalami peningkatan, hal ini berdampak kepada Perubahan emosional, kognitif, fisik dan psikis sering kali menjadi gelombang dalam diri remaja. Sehingga diperlukan berbagai macam cara untuk mengatasi tingkat ketergantungan gawai, salah satu cara atau terapi yang dapat dilakukan pada remaja yatu dengan terapi Self Help Group, terapi ini merupakan kelompok informal yang anggotanya saling berbagi pengalaman yang dialami, saling bekerja sama untuk mencapai tujuan dan menggunakan kekuatan untuk melawan masalah dalam hidupnya. Tujuan : Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Self Help Group (SHG) terhadap Pengetahuan, Sikap dan Tingkat Ketergantungan Gaawai Penggunaan Gawai pada Remaja Kelas X di SMK Negeri 37 Jakarta Metodologi: Penelitian quasi-eksperimental dengan pendekatan two-gorup pre tetst – post test control group design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 104 responden terbagi menjadi kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah Non-Probability sampling yaitu dengan metode purposive sampling. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner pengetahuan, kuesioner sikap dan kuesioner Smartphone Addiction Scale Short Version (SAS-SV) versi Bahasa Indonesia. Uji analisis menggunakan uji Wilcoxon dan MannWhitney. Hasil Penelitian: Hasil penelitian ini menyatakan uji analisis hasil uji Wilcoxon pengukuran pengetahuan, sikap dan ketergantungan pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol dengan nilai p=0,000(p<0,05) menunjukan bahwa ada pengaruh intervensi self help group. Kesimpulan dan Saran: pada penelitian didapatkan ada pengaruh self help group terhadap ketergantungan gawai. Diharapakan remaja mampu menerapkan self help group untuk remaja yang lain di lingkungannya untuk menurunkan ketergantungan gawai.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Keperawatan
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 16 Jul 2025 07:10
Last Modified: 16 Jul 2025 07:10
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13707

Actions (login required)

View Item View Item