HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN SECTIO CAESAREA DI RUMAH SAKIT X

Aini, Aisyah Datun (2025) HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN SECTIO CAESAREA DI RUMAH SAKIT X. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover.pdf

Download (824kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (405kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (232kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kualitas pelayanan menjadi salah satu faktor penting dalam pemanfaatan layanan kesehatan serta penentuan kepuasan pasien. Prevalensi data menunjukkan bahwa kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di Maluku Tengah hanya 42,8% dan di Sumatera Barat sebesar 44,4%, ini menandakan kepuasan pasien di Indonesia masih termasuk rendah, di bawah standar Kemenkes RI yaitu (95%). Hal ini didapatkan karena masih kurangnya fasilitas yang tidak memadai, tenaga medis, dan kualitas pelayanan yang lamban. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien sectio caesarea di Rumah Sakit X. Metodologi : Penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan pendekatan dengan desain deskriptif yang menerapkan pendekatan cross sectional. Populasinya adalah pasien post sectio caesarea yang dirawat di ruang rawat inap maternitas Rumah Sakit Buah X dengan 3 bulan terakhir berjumlah 292 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Accidental Sampling dengan jumlah 74 responden. Pengukuran kualitas pelayanan dan kepuasan pasien menggunakan kuesioner SERVQUAL dengan analisa data menggunakan uji chi-square. Hasil Penelitian : Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden (93,2%) menilai kualitas pelayanan baik dan (90,5%) menyatakan pasien puas terhadap pelayanan yang diterima. Hasil uji chi-square menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien (P Value = <0,001), yang berarti semakin tinggi kualitas pelayanan semakin tinggi pula tingkat kepuasan pasien. Simpulan : Terdapat hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien sectio caesarea di Rumah Sakit X. Saran : Rumah sakit X diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan dengan memperhatikan lagi fasilitas di rumah sakit dan tenaga medis tanggap dalam memberikan respon terhadap permintaan kebutuhan pasien serta memiliki sikap komunikatif untuk meningkatkan kenyamanan pasien.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Keperawatan
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 16 Jul 2025 05:01
Last Modified: 16 Jul 2025 05:01
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13685

Actions (login required)

View Item View Item