“SIMULASI BODY IMAGE PEREMPUAN PADA MOTIVASI INFLUENCER TIKTOK (STUDI KASUS : AKUN TIKTOK FUJIAN)”

SULISTIOWATI, HAMIDAH (2025) “SIMULASI BODY IMAGE PEREMPUAN PADA MOTIVASI INFLUENCER TIKTOK (STUDI KASUS : AKUN TIKTOK FUJIAN)”. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (879kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (426kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (573kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (63kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai Simulasi Body Image Perempuan Terhadap Influencer Tiktok (Studi Kasus : Akun Fujiiian) dengan membahas apa yang ditampilkan oleh influencer tersebut dalam akun TikTok pribadinya, menunjukkan ketertarikan pada diri saya sendiri serta Perempuan lain yang seusia dengan saya. Saya sendiri merasa bahwa apa yang telah diberikan oleh influencer ini membuat diri saya termotivasi untuk melakukan perubahan bagi wajah dan tubuh saya, saya menjadi lebih mengedepankan penampilan saya sendiri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, mengenai “Simulasi Body Image Perempuan pada Motivasi Influncer TikTok (Studi Kasus : Akun TikTok Fujian)” Penelitian kualitatif bertujuan memahami masalah sosial atau individu melalui kalimat dan rangkuman wawancara dari informan untuk mendapatkan jawaban sesuai dengan pandangan mereka, serta dilakukan dalam setting alami (Creswell, 2013) menjelaskan bahwa, media sosial mungkin bisa saja mempengaruhi kepercayaan diri mereka terutama dengan beberapa konten yang membuat diri mereka merasa terpojok dengan pandangan tubuh ideal. Tetapi dengan rasa percaya diri dan menerima tubuh dengan apa adanya akan membangun hubungan positif dengan tubuh itu sendiri. Pengaruh yang di rasakan dari media sosial tentunya karena salah memilih influencer untuk dijadikan motivasi. Penelitian ini membahas mengenai body image influencer dalam membentuk motivasi pada perempuan seusia saya, dengan mengungkapkan bahwa pengaruh yang ditunjukkan oleh influencer tersebut telah mendorong rasa ketertarikan dan keinginan untuk menjadi seperti sang influencer, dari kecantikan wajahnya, tampak bahkan gaya hidupnya. Penelitian ini di dukung oleh keenam informan dengan jawaban yang Merujuk pada influencer memberikan motivasi melalui konten yang dibuatnya. Bahwa ix Universitas Nasional Kecantikan itu relatif dan tidak monoton pada satu kecantikan, misalnya kecantikan tidak hanya putih dan bertubuh langsing tetapi dapat berkulit sawo matang atau eksotis dan bertubuh berisi. Kata Kunci : Perempuan, Influencer dan TikTok

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 09 Jul 2025 04:02
Last Modified: 09 Jul 2025 04:02
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13629

Actions (login required)

View Item View Item