Analisis Peran Public Relations Asosiasi Financial Technology Dalam Melakukan Literasi Keuangan Digital Pada Generasi Milenial

Widhiyaksa, Valdysena Kautzar (2025) Analisis Peran Public Relations Asosiasi Financial Technology Dalam Melakukan Literasi Keuangan Digital Pada Generasi Milenial. Bachelor thesis, UNIVERSITAS NASIONAL.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (706kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (530kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (723kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (402kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi keuangan (fintech) di Indonesia semakin pesat, menuntut peningkatan literasi digital di kalangan generasi milenial. Penelitian ini menganalisis peran Public Relations Asosiasi Financial Technology dalam melakukan literasi keuangan digital bagi generasi milenial, dengan studi kasus pada kantor ASOSIASI FINTECH di Jakarta Pusat. meskipun kemajuan teknologi keuangan memberikan banyak manfaat, literasi keuangan digital di kalangan generasi milenial masih menjadi tantangan. Kurangnya pemahaman mengenai pengelolaan keuangan digital, keamanan transaksi online, serta risiko dalam penggunaan layanan fintech dapat menyebabkan berbagai permasalahan, seperti utang berlebihan, penyalahgunaan data pribadi, dan rentannya masyarakat terhadap penipuan digital. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, penelitian ini mengkaji Peran Public Relations dan program edukasi yang diterapkan oleh Public Relations dalam meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap fintech. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Public Relations asosiasi FINTECH dalam membangun kesadaran, memberikan edukasi, serta menciptakan kepercayaan terhadap layanan fintech melalui berbagai strategi komunikasi digital. Tujuan dalam penelitian ini adalah Menganalisis Peran PR yang digunakan oleh Asosiasi Financial Technology dalam melakukan literasi kauangan digital Hasil penelitian menunjukkan bahwa PR AFTECH menggunakan komunikasi berbasis edukasi, kolaborasi, dan teknologi dalam meningkatkan kesadaran serta pemahaman generasi milenial terhadap literasi keuangan digital. Program seperti

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 07 Jul 2025 05:48
Last Modified: 07 Jul 2025 05:48
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13466

Actions (login required)

View Item View Item