Pengaruh Terpaan Konten ‘Fashion Haul’ Pada Akun Media Sosial Tiktok @Nazwaadinda_02 Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja Perempuan(Survei Kepada Followers @Nazwaadinda_02 Usia 18 – 24 Tahun)

Tusyawan, Aqeela Sajjna Rindra (2025) Pengaruh Terpaan Konten ‘Fashion Haul’ Pada Akun Media Sosial Tiktok @Nazwaadinda_02 Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja Perempuan(Survei Kepada Followers @Nazwaadinda_02 Usia 18 – 24 Tahun). Bachelor thesis, UNIVERSITAS NASIONAL.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (599kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (556kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (486kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (198kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh terpaan konten "Fashion Haul" pada akun TikTok @nazwaadinda_02 terhadap perilaku konsumtif remaja perempuan usia 18-24 tahun. Teori yang diuji dalam penelitian ini adalah Theory of Planned Behavior, yang menyoroti hubungan antara intensitas terpaan media dan perilaku konsumsi. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat pengaruh signifikan antara terpaan konten fashion haul dengan perilaku konsumtif remaja perempuan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengambilan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 150 responden yang merupakan followers akun @nazwaadinda_02. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan untuk memastikan kualitas instrumen penelitian. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis deskriptif, uji korelasi, uji regresi linear sederhana, dan uji hipotesis (t-test) dengan taraf signifikansi 5% (α = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara terpaan konten fashion haul terhadap perilaku konsumtif remaja perempuan, dengan nilai koefisien determinasi sebesar 45%, menunjukkan bahwa variabel X (terpaan konten) berkontribusi terhadap variabel Y (perilaku konsumtif). Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa semakin tinggi intensitas terpaan konten fashion haul, semakin besar kemungkinan responden menunjukkan perilaku konsumtif. Saran dari penelitian ini adalah agar remaja lebih bijak dalam mengonsumsi konten fashion haul dan meningkatkan literasi keuangan agar dapat mengontrol pola konsumsi mereka. Selain itu, influencer diharapkan dapat menghadirkan konten yang lebih edukatif terkait belanja yang bertanggung jawab.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 03 Jul 2025 04:22
Last Modified: 03 Jul 2025 04:22
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13266

Actions (login required)

View Item View Item