HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK DAN HARGA DIRI PADA REMAJA DI SMA AULIA BOGOR

Hildawi, Mila Aulia (2025) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK DAN HARGA DIRI PADA REMAJA DI SMA AULIA BOGOR. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (995kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (539kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (733kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (881kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (669kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (587kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Pola asuh orang tua berperan penting dalam membentuk perilaku dan psikologis remaja, termasuk harga diri dan prokrastinasi akademik. Pola asuh demokratis cenderung meningkatkan harga diri dan mengurangi prokrastinasi, sedangkan pola asuh otoriter atau permisif dapat berdampak negatif. Harga diri yang tinggi membuat remaja lebih percaya diri dan disiplin, sementara harga diri rendah dapat meningkatkan kecenderungan menunda tugas akademik. Berdasarkan UNICEF di Amerika ditemukan 95% siswa melakukan penundaan atau prokrastinasi pada permulaan atau penuntasan tugas,Di Indonesia, berbagai penelitian menemukan bahwa sekitar 60–70% siswa,Dinas Pendidikan Jawa Barat (2022) melaporkan bahwa sekitar 65%. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua terhadap prokrastinasi akademik dan harga diri pada remaja di SMA Aulia Bogor. Metodologi: Menggunakan metode kuantitatif dengan desain cross-sectional. Sampel terdiri dari 60 siswa-siswi kelas 3 SMA yang dipilih menggunakan teknik Simple random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner Parenting Style Questionnaire (PSQ),Skala likert prokrastinasi akademik, Rosenberg Self Estem Scale (RSES). Analisis data dilakukan dengan uji Chi-Square. Hasil Penelitian: Uji Chi-Square menunjukkan hubungan yang signifikan antara prokrastinasi akademik (p=0,00),harga diri (p=0,04) dengan pola asuh orang tua. Simpulan: Terdapat hubungan signifikan anatara pola asuh orang tua terhadap prokrastinasi akademik dan harga diri pada remaja di SMA Aulia Bogor. Saran: Diharapkan penelitian selanjutnya menggunakan metode penelitian kualitatif seperti wawancara atau observasi, agar memperoleh data yang lebih mendalam dan objektif.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Keperawatan
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 19 Jun 2025 02:08
Last Modified: 19 Jun 2025 02:08
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13013

Actions (login required)

View Item View Item