EFEKTIVITAS EDUKASI AUDIOVISUAL TENTANG MENSTRUASI TERHADAP KESIAPAN REMAJA DALAM MENGHADAPI MENARCHE DI SDN JATINEGARA 06 JAKARTA

Ranty, Reviana Meisya Syivha (2025) EFEKTIVITAS EDUKASI AUDIOVISUAL TENTANG MENSTRUASI TERHADAP KESIAPAN REMAJA DALAM MENGHADAPI MENARCHE DI SDN JATINEGARA 06 JAKARTA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS NASIONAL.

[img] Text
COVER.pdf

Download (652kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (240kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (282kB)
[img] Text
LAMIPRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Kesiapan menghadapi menarche merupakan kondisi siapnya seseorang untuk menerima salah satu kematangan fisik. Persiapan menghadapi menarche yang kurang dapat menyebabkan ketidaksiapan emosional dan fisik dalam menghadapi menstruasi pertama. Edukasi kesehatan menjadi salah satu langkah penting dalam meningkatkan kesiapan remaja, khususnya melalui media audiovisual yang dinilai lebih menarik dan mudah dipahami. Tujuan: Untuk mengetahui efektivitas edukasi audiovisual tentang menstruasi terhadap kesiapan remaja dalam menghadapi menarche di SDN Jatinegara 06. Metodologi: Desain penelitian quasi experiment dengan menggunakan rancangan pretest and posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 112 orang premenarche yang terbagi menjadi 56 siswi kelompok intervensi dan 56 siswi kelompok kontrol. Teknik purposive sampling digunakan untuk pengambilan sampel. Kelompok intervensi diberikan edukasi audiovisual tentang menstruasi, sedangkan kelompok kontrol akan mendapatkan perlakuan serupa setelah pengumpulan data selesai. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner kesiapan menghadapi menarche sebelum dan sesudah intervensi. Analisis data dilakukan menggunakan uji Wilcoxon dan Mann Whitney. Hasil penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan kesiapan menghadapi menarche pada kelompok intervensi setelah diberikan edukasi audiovisual dibandingkan kelompok kontrol (p = 0,000 < 0,05), dan terdapat perbedaan antara dua kelompok, yaitu kelompok kontrol dan kelompok intervensi terkait rerata skor posttest edukasi audiovisual tentang menstruasi (p = 0,000 < 0,05). Simpulan: Edukasi audiovisual tentang menstruasi efektif untuk meningkatkan kesiapan remaja dalam menghadapi menarche. Saran: Orang tua dan sekolah diharapkan dapat menerapkan pendekatan edukasi audiovisual ini dalam program pendidikan kesehatan reproduksi di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Keperawatan
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 16 Jun 2025 08:19
Last Modified: 16 Jun 2025 08:19
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/12944

Actions (login required)

View Item View Item