GEGAR BUDAYA PEMAGANG BIDANG KONSTRUKSI DI JEPANG DARI LPK JIRITSU NUSANTARA BOGOR

AYU, SUZUKI (2024) GEGAR BUDAYA PEMAGANG BIDANG KONSTRUKSI DI JEPANG DARI LPK JIRITSU NUSANTARA BOGOR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS NASIONAL.

[img] Text
Cover.pdf

Download (636kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (359kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (368kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (423kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (250kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (561kB)

Abstract

Gegar budaya dialami seseorang ketika sosial budaya dari dua wilayah bertemu. Hal ini dapat dirasakan juga oleh pemagang dari Indonesia yang pergi ke Jepang, terutama di bidang pekerjaan konstruksi. Penelitian yang berjudul “Gegar Budaya Pemagang Bidang Konstruksi di Jepang dari LPK Jiritsu Nusantara Bogor” ini bertujuan menjelaskan tahapan gegar budaya dan strategi adaptasi yang dilakukan pemagang LPK Jiritsu Nusantara Bogor di Jepang dengan menggunakan teori budaya dari Kluckhon (1953) dan teori gegar budaya dari Samovar (2010). Penelitian ini menggabungkan metode kuantitatif untuk menghitung data dan metode kualitatif untuk menganalisis data dengan teknik penyebaran angket kepada 15 responden dan wawancara untuk pendalaman informasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa pemagang LPK Jiritsu Nusantara bogor di Jepang yang bekerja di konstruksi mengalami fase kegembiraan, kekecewaan, awal resolusi, dan berfungsi dengan efektif. Pada fase kegembiraan pemagang dari konstruksi merasa antusias dan senang dengan keanekaragaman budaya dan orang Jepang. Namun, para pemagang juga merasa sedih dan stres karena rindu keluarga dan kesulitan berkomunikasi. Pada fase kekecewaan para pemagang merasa sedih, stres, dan kecewa karena mengalami permasalahan di lingkungan pekerjaan terkait komunikasi, fisik, mental, pelaksanaan ibadah, dan budaya kerja. Sedangkan di luar lingkungan pekerjaan terkait transportasi, makanan, cuaca, dan perbedaan budaya. Pada fase awal resolusi para pemagang mengatasi permasalahan dengan membuat hubungan pribadi melalui komunikasi, mempelajari budaya dan berpartisipasi dalam kegiatan budaya. Pada fase berfungsi dengan efektif para pemagang merasa senang dan puas karena telah berhasil beradaptasi dengan budaya Jepang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Sastra > Program Studi Sastra Jepang
Depositing User: Miss Yulia Zahra Yamini
Date Deposited: 07 Nov 2024 03:38
Last Modified: 07 Nov 2024 03:38
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/12420

Actions (login required)

View Item View Item