Nisa, Khoirun (2024) MENGUNGKAP KOHESI MELALUI PENGACUAN DALAM TIGA LAGU KARYA FUJII KAZE DALAM ALBUM HELP EVER HURT NEVER. Bachelor thesis, Universitas Nasional.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
bab 1.pdf Download (279kB) |
|
Text
bab 2.pdf Download (402kB) |
|
Text
bab 3.pdf Download (466kB) |
|
Text
bab 4.pdf Download (330kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (346kB) |
Abstract
Penelitian ini menganalisis kohesi gramatikal dalam lirik tiga lagu dari album Help Ever Hurt Never karya Fujii Kaze, yaitu Nan-Nan, Yasashisa, dan Kiri ga Naikara. Lagu-lagu ini dipilih karena kesamaan tema refleksi diri, yang mengeksplorasi makna kehidupan dan hubungan pribadi. Menggunakan metode deskriptif kualitatif berdasarkan teori kohesi gramatikal dari Halliday dan Hasan (1976), penelitian ini fokus pada pengacuan persona dan demonstratif. Hasil analisis menunjukkan adanya 15 data pengacuan persona yang didominasi oleh kata あなた anata (kamu), merupakan pronomina kedua tunggal yang mengacu pada lawan bicara Fujii Kaze dalam ketiga lagu tersebut. Selain itu, 14 pengacuan demonstratif yang didominasi oleh pengacuan Ko~ yang digunakan untuk mengacu pada segala bentuk tindakan yang dilakukan oleh Fujii Kaze di masa sekarang atau saat ini, serta segala sesuatu yang berada dekat dengannya. Kohesi gramatikal yang tercipta melalui pengacuan ini memperkuat keterkaitan antar elemen lirik, membantu menyampaikan tema refleksi diri dengan konsisten. Penggunaan pengacuan persona dan demonstratif dalam lirik lagu Fujii Kaze berperan signifikan dalam membangun kohesi teks dan penyampaian makna.Penelitian ini menganalisis kohesi gramatikal dalam lirik tiga lagu dari album Help Ever Hurt Never karya Fujii Kaze, yaitu Nan-Nan, Yasashisa, dan Kiri ga Naikara. Lagu-lagu ini dipilih karena kesamaan tema refleksi diri, yang mengeksplorasi makna kehidupan dan hubungan pribadi. Menggunakan metode deskriptif kualitatif berdasarkan teori kohesi gramatikal dari Halliday dan Hasan (1976), penelitian ini fokus pada pengacuan persona dan demonstratif. Hasil analisis menunjukkan adanya 15 data pengacuan persona yang didominasi oleh kata あなた anata (kamu), merupakan pronomina kedua tunggal yang mengacu pada lawan bicara Fujii Kaze dalam ketiga lagu tersebut. Selain itu, 14 pengacuan demonstratif yang didominasi oleh pengacuan Ko~ yang digunakan untuk mengacu pada segala bentuk tindakan yang dilakukan oleh Fujii Kaze di masa sekarang atau saat ini, serta segala sesuatu yang berada dekat dengannya. Kohesi gramatikal yang tercipta melalui pengacuan ini memperkuat keterkaitan antar elemen lirik, membantu menyampaikan tema refleksi diri dengan konsisten. Penggunaan pengacuan persona dan demonstratif dalam lirik lagu Fujii Kaze berperan signifikan dalam membangun kohesi teks dan penyampaian makna.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) K Law > KD England and Wales |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Sastra > Program Studi Sastra Jepang |
Depositing User: | Miss Rahma Rahmawati |
Date Deposited: | 18 Sep 2024 02:17 |
Last Modified: | 18 Sep 2024 02:17 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11896 |
Actions (login required)
View Item |