FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN RISIKO GIZI LEBIH PADA ANAK DI SEKOLAH DASAR NEGERI RAWA BUAYA 05 PETANG CENGKARENG JAKARTA BARAT

Rahmi, Ilvia (2024) FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN RISIKO GIZI LEBIH PADA ANAK DI SEKOLAH DASAR NEGERI RAWA BUAYA 05 PETANG CENGKARENG JAKARTA BARAT. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (547kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (608kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (116kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Di Indonesia prevalensi gizi lebih secara nasional mengalami peningkatan, dimulai dari tahun 2010 sebesar 1,4%, menjadi 7,3%. Salah satu faktor penyebab terjadinya gizi lebih pada anak usia sekolah dasar adalah rendahnya pengetahuan tentang gizi. Salah satu faktor penyebab terjadinya gizi lebih pada anak usia sekolah dasar adalah pengetahuan tentang gizi. Dampak gizi lebih menimbulkan kelainan bentuk dan ukuran tulang, ketidakseimbangan, maupun rasa nyeri ketika berdiri, berjalan, maupun berlari, selain itu anak yang mengalami obesitas kurang percaya diri dan depresi serta akan lebih rentan mengalami diabetes (kencing manis), kolesterol tinggi, penyakit jantung, tekanan darah tinggi (hipertensi), hingga kanker ketika mereka dewasa nanti. Tujuan: Untuk mengetahui Faktor - Faktor Yang Berhubungan Dengan Risiko Gizi Lebih Pada Anak Di Sekolah Dasar Negeri Rawa Buaya 05 Petang Cengkareng Jakarta Barat. Metodologi: Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif analitik dengan metode cross sectional. Sampel penelitian berjumlah 83 anak sekolah. Analisis data dengan uji Chi Square menggunakan SPSS versi 25. Hasil Penelitian: Status gizi dari 83 anak SD N Rawa Buaya 05 Petang kelas 4-6 terdapat 37 (44,6%) anak SD dengan status gizi normal dan 32 (38,6%) anak SD dengan status gizi lebih serta 14 (16,9%) anak SD dengan status gizi kurus. Kesimpulan: Variabel yang berhubungan dengan status gizi yaitu pengetahuan, perilaku makan, aktivitas fisik, lingkungan, dan kualitas tidur Saran: Dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan mengenai gizi lebih.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Bidan Pendidik
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 11 Sep 2024 04:43
Last Modified: 11 Sep 2024 04:43
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11782

Actions (login required)

View Item View Item