PENGGUNAAN DEIKSIS PERSONA BAHASA KOREA “URI” DAN “JOHI” DALAM REALITY SHOW MY SIBLING’S ROMANCE THE USE OF KOREAN PERSONAL DEIXIS “URI” AND “JOHI” IN THE REALITY SHOW MY SIBLING’S ROMANC

Putri B, Khansa Aliyah (2024) PENGGUNAAN DEIKSIS PERSONA BAHASA KOREA “URI” DAN “JOHI” DALAM REALITY SHOW MY SIBLING’S ROMANCE THE USE OF KOREAN PERSONAL DEIXIS “URI” AND “JOHI” IN THE REALITY SHOW MY SIBLING’S ROMANC. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER-1.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penggunaan bahasa dalam tuturan maupun tulisan sering kali mengalami penafsiran makna. Untuk menghindari penafsiran makna tersebut, harus memahami terlebih dahulu konteks yang disampaikan atau ditulis. Salah satu studi pragmatik yang mempelajari mengenai konteks yang mempengaruhi makna adalah deiksis. Dalam penelitian ini akan berfokus pada deiksis persona bahasa Korea uri (우리) dan johi (저희) yang ditemukan pada sebuah program televisi dalam bahasa Korea. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan mengenai penggunaan uri (우리) dan johi (저희) yang memiliki makna berbeda bergantung kepada konteks pembicaraan dan lawan bicara melalui percakapan sehari-hari dalam program realitas My Sibling’s Romance. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan sumber data penelitian di dapat dari program realitas yang tayang pada salah satu platform streaming yaitu VIU. Hasil dari penelitian ini menunjukkan penggunaan deiksis persona dalam bahasa Korea pada rujukan pertama jamak sangat sering digunakan terutama pada percakapan sehari-hari. Berdasarkan penelitian ini ditemukan bahwa penggunaan uri (우리) dan johi (저희) dapat digunakan secara berbeda untuk mencerminkan nuansa hubungan sosial, hierarki, serta nilai-nilai kolektif dan individu yang ada di masyarakat Korea.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KF United States Federal Law
Divisions: Skripsi > Fakultas Sastra > Program Studi Bahasa Korea
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 09 Sep 2024 07:12
Last Modified: 09 Sep 2024 07:12
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11675

Actions (login required)

View Item View Item