STRATEGI MODAL SOSIAL UNTUK PENGUATAN KOHESI SOSIAL KOMUNITAS MOTOR BESAR (STUDI KASUS MOTOR BESAR INDONESIA DKI JAKARTA)

Hutagaol, Carlo Ponti (2024) STRATEGI MODAL SOSIAL UNTUK PENGUATAN KOHESI SOSIAL KOMUNITAS MOTOR BESAR (STUDI KASUS MOTOR BESAR INDONESIA DKI JAKARTA). Bachelor thesis, UNIVERSITAS NASIONAL.

[img] Text
COVER (Cover, Lembar Pengesahan, Lembar Persetujuan, pengesahan skripsi).pdf

Download (811kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (717kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (685kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (302kB)
[img] Text
LAMPIRAN (daftar pustaka, lembar lampiran, hasil uji turnitin) (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Motor merupakan kebutuhan transportasi utama bagi masyarakat DKI Jakarta, dengan jumlah kendaraan yang paling banyak. Kelompok motor besar sering kali mendapatkan stigma negatif karena dianggap arogan dan tidak patuh pada peraturan lalu lintas. Komunitas Motor Besar Indonesia DKI Jakarta adalah komunitas berbadan hukum yang tidak terikat pada satu merek kendaraan. Komunitas ini bertujuan untuk menjadi wadah bagi pengendara motor besar untuk saling mendukung dan menerapkan prinsip safety riding. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penguatan modal sosial dan cara meningkatkan kohesi sosial di dalam komunitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, dokumen, dan observasi. Komunitas Motor Besar Indonesia DKI Jakarta tidak hanya merupakan sebuah perkumpulan, tetapi juga memiliki tujuan sosial untuk mensosialisasikan pentingnya kepatuhan dalam berkendara dan membangun persaudaraan di antara anggota yang berasal dari beragam profesi, etnis, dan agama. Untuk mencapai tujuan bersama, komunitas ini bekerja sama dengan institusi negara dan yayasan sosial serta mendukung usaha yang dimiliki oleh anggotanya. Pada tingkat individu, keberagaman di komunitas ini menunjukkan karakteristik modal sosial bridging social capital, sementara pada tingkat komunitas, terlihat karakteristik modal sosial linking social capital.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 03 Sep 2024 06:24
Last Modified: 24 Sep 2024 06:31
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11618

Actions (login required)

View Item View Item