AKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN PREEKLAMSI PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BATUJAYA KABUPATEN KARAWANG TAHUN 2024

Permatasari, Dessy Dian (2021) AKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN PREEKLAMSI PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BATUJAYA KABUPATEN KARAWANG TAHUN 2024. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (486kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (655kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (597kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (565kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (402kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pre-eklampsia merupakan penyebab utama kematian ibu dan janin akibat hipertensi dalam kehamilan yang khas pada kehamilan yang ditandai dengan gejala edema, hipertensi, serta proteinuria yang terjadi setelah usia kehamilan 28 minggu dan belum diketahui penyebabnya Tujuan: Diketahuinya faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian preeklampsia kehamilan di Wilayah Kerja Puskesmas Batujaya Kabupaten Karawang Tahun 2024 Metode: Penelitian ini menggunakan desain studi case control. Populasi penelitian adalah ibu yang tinggal di wilayah kerja Puskesmas Batujaya yang melakukan pemeriksaan antenatal care. Sampel penelitian menggunakan teknik total sampling dan menggunakan kreteria inklusi dan eksklusi jumlah sampel diperoleh sebanyak 126 ibu hamil dengan perbandingan kasus kontrol 1:1. Medical record dari buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) dan kuesioner. Analisis data menggunakan uji Chi Square. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukan adanya hubungan yang signifikan antara status gizi p value=0,017, riwayat preeklamsia p value=0,001, diabetes p value=0,013, pengetahuan p value = 0,009 dengan kejadian preeklampsia sedangkan kehamilan ganda tidak ada hubungan dengan kejadian preeklamsi p value=1 Kesimpulan : Ada hubungan yang signipikan antara status gizi, riwayat preeklamsi, biabetes, pengetahuan dengan kejadian preeklampsia sedangkan kehamilan ganda tidak terdapat hubungan dengan kejadian preeklmasi pada ibu hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Batujaya Kabupaten Karawang Tahun 2024 Saran : Ibu hamil diperlukan pemeriksaan ANC secara teratur sehingga dapat mengurangi dampak komplikasi sehingga apabila terjadi preeklampsia dapat ditangani dengan cepat dan tepat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Keperawatan
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 03 Sep 2024 02:59
Last Modified: 03 Sep 2024 02:59
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11590

Actions (login required)

View Item View Item