ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KECEMASAN IBU HAMIL DALAM MENGHADAPI PERSALINAN DI KLINIK KSP CEGER KOTA TANGERANG SELATAN TAHUN 2022

Sitorus, Tio Fanni Br (2023) ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KECEMASAN IBU HAMIL DALAM MENGHADAPI PERSALINAN DI KLINIK KSP CEGER KOTA TANGERANG SELATAN TAHUN 2022. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (634kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (162kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Kecemasan merupakan salah satu gangguan faktor psikologis yang dapat mempengaruhi kondisi kehamilan terutama kehamilan trimester tiga. Data menunjukan sebanyak 20% perempuan dengan kondisi kesehatan mental selama perinatal akan mengalami pikiran untuk melakukan bunuh diri atau tindakan menyakiti diri sendiri. Pengabaian kesehatan mental tersebut dapat berakibat membahayakan kesehatan, kesejahteraan perempuan, berdampak pada perkembangan fisik dan emosional janin selama kehamilan. Tujuan: Melakukan analisis faktor yang berhubungan dengan tingkat kecemasan ibu hamil dalam mengahadapi persalinan di Klinik KSP Ceger Kota Tangerang Selatan. Metodologi: Penelitian non eksperimental, rancangan survei analitik dengan metode penelitian Cross-sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Populasi dalam penelitian berjumlah 51 ibu hamil dan sampel yang digunakan adalah seluruh jumlah populasi. Instrumen yang digunakan kuesioner. Teknik analisis dengan uji statistik Chi-Square dengan menggunakan derajat kepercayaan 95% dengan nilai standart error α = 5%. Hasil Penelitian: Variabel yang memiliki p-value < α (0,05) yaitu pada faktor komunikasi terapeutik (0,004) dan faktor kualitas tidur (0,004). Adapun variabel yang memiliki p-value > α (0,05) yaitu faktor status gravida (0,200). Kesimpulan: Terdapat hubungan signifikan antara faktor komunikasi terepeutik dan kualitas tidur dengan tingkat kecemasan ibu hamil dalam menghadapi persalinan di Klinik KSP Ceger Kota Tangerang Selatan Tahun 2022. Saran: Diharapkan penelitian ini dapat memberikan masukkan bagi tenaga kesehatan untuk terus meningkatkan komunikasi terapeutik interpersonal dan bagi ibu hamil dapat mengelola tingkat kecemasan melalui manajemen kecemasan dan manajemen waktu sehingga kualitas tidur tidak terganggu.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Bidan Pendidik
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 21 Jun 2024 06:49
Last Modified: 21 Jun 2024 06:49
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11308

Actions (login required)

View Item View Item