HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN TEKNIK MENYIKAT GIGI YANG BENAR PADA ANAK PRASEKOLAH DI TK NEGERI BINTARO KOTA JAKARTA SELATAN

Olivia, Rizka (2023) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN TEKNIK MENYIKAT GIGI YANG BENAR PADA ANAK PRASEKOLAH DI TK NEGERI BINTARO KOTA JAKARTA SELATAN. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER .pdf

Download (827kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (400kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Latar Belakang: Orang tua merupakan penentu utama kebersihan gigi dan mulut anak mereka di usia prasekolah. Pravelensi yang mengalami permasalahan gigi dan mulut di Provinsi DKI Jakarta sebesar 59,13% dengan proporsi menyikat gigi yang benar di Kota Jakarta Selatan hanya sebesar 3,33%. Sehingga diperlukan upaya pengendalian seperti pemilihan sikat gigi, penggunaan pasta gigi, teknik menyikat gigi yang benar, frekuensi menyikat gigi dan rajin kontrol ke dokter gigi untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Tujuan: Menganalisa hubungan pengetahuan dan pola asuh orang tua dengan teknik menyikat gigi yang benar pada anak prasekolah di TK Negeri Bintaro Kota Jakarta Selatan. Metodologi: Desain penelitian korelasional kuantitatif dengan pendekatan analytic crosssectional. Pengetahuan diukur menggunakan kuesioner pengetahuan, pola asuh orang tua diukur menggunakan kuesioner The Parenting Styles and Dimension Questionnaire (PSDQ), dan teknik menyikat gigi yang benar diukur menggunakan lembar observasi. Hasil Penelitian: Mayoritas responden berjenis kelamin perempuan (88%), usia rata-rata 31 dengan SD 3,338 dan pendidikan S1 (54,7). Mayoritas responden memiliki pengetahuan baik (56,0%) dan pola asuh orang tua authoritative (73,3%). Teknik menyikat gigi yang benar pada anak kurang (73,3%). Kesimpulan: Hasil analisis uji statistic chi-square menghasilkan tidak ada hubungan pengetahuan dan pola asuh orang tua dengan teknik menyikat gigi yang benar pada anak prasekolah di TK Negeri Bintaro Kota Jakarta dengan nilai p value 0,920 dan 0,655 > α = 0,5, Saran: Diharapkan sekolah dapat bekerjasama dengan Puskesmas untuk mengadakan penyuluhan terkait teknik menyikat gigi yang benar pada anak prasekolah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Keperawatan
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 20 Jun 2024 06:12
Last Modified: 20 Jun 2024 06:12
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11285

Actions (login required)

View Item View Item