HUBUNGAN BODY IMAGE DAN KOMPARASI SOSIAL DENGAN KECEMASAN SOSIAL PADA REMAJA DI SMK KESEHATAN MULIA KARYA HUSADA JAKARTA SELATAN

Arrafi Octaviani, Luthfi (2023) HUBUNGAN BODY IMAGE DAN KOMPARASI SOSIAL DENGAN KECEMASAN SOSIAL PADA REMAJA DI SMK KESEHATAN MULIA KARYA HUSADA JAKARTA SELATAN. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (367kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (182kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendahuluan : Body image adalah pandangan seseorang tentang dirinya sendiri dalam kaitannya dengan penampilan fisiknya. Komparasi sosial atau perbandingan sosial dapat berdampak pada body image seseorang. Hal ini dapat membantu remaja merasa rendah diri dan pada gilirannya berdampak pada kecemasan. Berdasarkan hasil data 350 juta perkotaan, menurut Oraganisasi Kesehatan Dunia (2012), memiliki gangguan kecemasan sosial yang dapat menyebabkan keputusasaan dan bunuh diri. Menurut data World Health Organization di Indonesia, 4,3 gari setiap 100,000 orang melakukan bunuh diri akibat kecemasan sosial pada tahun 2016. Menurut data Kementerian Kesehatan tahun 2019, gangguan kecemasan menempati urutan kedua terbanyak gangguan mental di Indonesia. Tujuan : Tujuan Penelitian ini untuk mengidentifikasi adanya hubungan antara body image dan komparasi sosial dengan kecemasan sosial pada remaja di SMK Kesehatan. Metodelogi : Metode penelitian cross sectional. Populasinya adalah remaja di SMK Kesehatan. Teknik Pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan hasil sampel 97 responden. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner MBSRQ- AS, UDACS dan SAS-A dengan menggunakan analisis pearson Chi-Square digunakan untuk mengidentifikasi hubungan antara variabel. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua variabel yaitu Body Image ( P Value = 0,008) dan hubungan komparasi sosial ( P Value = 0,025) memiliki hubungan yang signifikan dengan kecemasan sosial. Kesimpulan : kesimpulan penelitian ini, kecemasan sosial pada remaja berkorelasi dengan body image yang positif dan tingkat komparasi sosial yang rendah. Diharapkan hasil penelitian ini remaja dapat lebih percaya diri serta tidak melakukan membandingkan diri sendiri dengan bentuk dan ukuran tubuh yang bisa menyebabkan kecemasan sosial.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Keperawatan
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 19 Jun 2024 03:11
Last Modified: 19 Jun 2024 03:11
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11250

Actions (login required)

View Item View Item