EVALUASI APLIKASI DEPOK SINGLE WINDOW (DSW) DALAM MENDUKUNG KONSEP SMART CITY DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA DEPOK

Widyastuti Indri, Funny (2023) EVALUASI APLIKASI DEPOK SINGLE WINDOW (DSW) DALAM MENDUKUNG KONSEP SMART CITY DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA DEPOK. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover.pdf

Download (543kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (567kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (395kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (191kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Aplikasi Depok Single Window (DSW) merupakan suatu portal media berbentuk e-government yang diinisiasikan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok untuk dapat memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan dan juga dapat mendukung konsep smart city. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan dalam pelaksanaan aplikasi Depok Single Window (DSW), yaitu banyak masyarakat Kota Depok yang belum mengetahui adanya aplikasi Depok Single Window (DSW), masih ada beberapa pelayanan yang dimiliki setiap OPD belum terintegrasi dan juga banyaknya keluhan dari masyarakat serta tingkat penurunan terkait penggunaan aplikasi Depok Single Window (DSW). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui evaluasi aplikasi Depok Single Window (DSW) dalam mendukung Konsep Smart City di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara, observasi serta dokumentasi dilihat dari 6 (enam) dimensi , yaitu efektivitas, efisiensi, kecukupan, perataan, responsivitas dan ketepatan. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh secara langsung dari informan dan observasi. Sedangkan, data sekunder bersumber dari data yang ada dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok serta dokumen – dokumen yang memiliki keterkaitan dengan permasalahan yang akan diteliti. Hasil penelitian menunjukan bahwa evaluasi aplikasi Depok Single Window (DSW) sudah cukup terlaksana dalam mendukung konsep smart city Di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok, yang dimana merupakan bentuk dari smart government. Namun, pada pelaksanaannya masih belum secara maksimal dimana masih cukup banyak masyarakat Kota Depok yang belum mengetahui dan masih adanya beberapa kendala yang dialami masyarakat dalam penggunaannya. Sehingga, dapat disimpulkan kembali bahwa evaluasi aplikasi Depok Single Window (DSW) adalah sudah terlaksana namun belum dilakukan secara maksimal.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 19 Jun 2024 02:03
Last Modified: 19 Jun 2024 02:03
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11237

Actions (login required)

View Item View Item