IMPLEMENTASI NILAI-NILAI DASAR ASN ..BeTAKfILAK,, DI BIRO ORGANISASI DAN SUMBER DAYA MANUSIA SEKRETARIAT JENDERAI, KEM ENTERIAN KESEHATAN

Mujaki, Mohamad Arif (2024) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI DASAR ASN ..BeTAKfILAK,, DI BIRO ORGANISASI DAN SUMBER DAYA MANUSIA SEKRETARIAT JENDERAI, KEM ENTERIAN KESEHATAN. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover.pdf

Download (14MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (10MB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (17MB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (70MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (46MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil penilaian implementasi nilai-nilai aasar ASN "BeTAKHLAK di Kementerian Kesehatan belum menggambarkan secara mendetail implementasi nilai-nilai dasar ASN BeTAKHLAK di Biro Organisasi dan Sumber Daya Manusia (SDM) Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan. Penelitian ini mengkaji implementasi nilai-nilai dasar ASN BeTAKHLAK di Biro Organisasi dan SDM, meliputi berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisa implementasi, faktor pendorong dan penghambat dalam implementasi nilai-nilai dasar ASN BeTAKHLAK di Biro Organisasi dan SDM, Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Data dikumpulkan menggunakan wawancara terstruktur dan data dokumentasikan. Informan ditentukan dengan menggunakanpurposive samplingyaitu: Kepala Biro Organisasi dan SDM, Kepala Sub Bagian Administrasi Umum, Perwakilan Ketua Tim Kerja dan Pegawai. Data dianalisis menggunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan yang kemudian dilakukan pengecekan dengan triangulasi sumber data serta dianalisa menggunakan teori George Edward III tentang faktor-faktor menentukan keberhasilan atau kegagalan implementasi suatu kebijakan (komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai dasar ASN BeTAKHLAK telah implementasikan dengan baik oleh pegawai. Terdapat beberapa tantangan yang perlu diatasi, seperti perubahan budaya kerja, peningkatan disiplin dan tanggung jawab, pengembangan SOP yang lebih spesifik, pemahaman dan implementasi nilai loyalitas, dan sikap adaptif serta kolaboratif yang lebih baik. Faktor pendorong utama meliputi dukungan pimpinan, pelayanan berkualitas, dan komunikasi dua arah. Sementara itu, faktor penghambat adalah kurangnya pemahaman ASN akan pentingnya akuntabilitas dan kedisiplinan yang mengakibatkan kinerja kurang optimal. Berdasarkan temuan tersebut, penulis merekomendasikan strategi penguatan implementasi kebijakan yang mencakup peningkatan budaya kerja berorientasi pelayanan, memperkuat kedisiplinan dan tanggung jawab, menyediakan akses pegawai yang lebih luas terhadap program pengembangan kompetensi, mengembangkan SOP yang mendukung implementasi nilai dasar harmonis, memperkuat pemahaman dan implementasi nilai loyalitas, mendorong budaya yang adaptif dan responsif terhadap perubahan, serta memperkuat kerja sama tim dan sinergi antar unit kerja.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JC Political theory
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 22 May 2024 08:42
Last Modified: 22 May 2024 08:42
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11040

Actions (login required)

View Item View Item