ANALISIS PERILAKU PELANGGAN E-COMMERCE MENGGUNAKAN MODEL KLUSTERING DENGAN ALGORITMA K-MEANS

Helmi, Faris (2024) ANALISIS PERILAKU PELANGGAN E-COMMERCE MENGGUNAKAN MODEL KLUSTERING DENGAN ALGORITMA K-MEANS. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (8MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (190kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (225kB)

Abstract

E-commerce merupakan salah satu sektor bisnis yang berkembang pesat di era digital. Untuk meningkatkan kinerja dan kepuasan pelanggan perusahaan e-commerce perlu memahami perilaku dan preferensi pelanggan secara mendalam. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah analisis RFM, teknik yang digunakan untuk mengidentifikasi pelanggan yang paling berharga berdasarkan kapan pembelian terakhir mereka (Recency), seberapa sering mereka melakukan pembelian (Frequency), dan berapa total pengeluaran mereka (Monetary). Dari analisis RFM tersebut digunakan model clustering untuk membuat segmen pelanggan berdasarkan RFM. Penelitian ini juga mengeksplorasi faktor yang menyebabkan pengguna meninggalkan platform e-commerce perusahaan dengan menganalisis aktivitas pelanggan saat menggunakan platfrom. Model ini diharapkan dapat menghasilkan segmentasi pelanggan yang lebih akurat, stabil, dan interpretabel. Penelitian ini menggunakan data transaksi pelanggan dari salah satu platform e-commerce terkemuka di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan informasi pelanggan dari yang loyal sampai yang hilang berdasarkan perilaku pembelian dan aktivitas pengunaan platfrom perusahaan. Selain itu, model ini menggunakan empat algoritma, satu algoritma menggunakan k-means untuk membuat segmentasi pelanggan berdasarkan RFM, tiga algoritma lainnya decision tree, random forests, dan XGBoost digunakan untuk membangun model prediksi faktor yang paling berpengaruh membuat pelanggan meninggalkan platform dan membandingkan kinerja model dari ketiga algoritma.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Skripsi > Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 27 Mar 2024 06:45
Last Modified: 27 Mar 2024 06:45
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10631

Actions (login required)

View Item View Item