PENGELOLAAN PELAYANAN PUBLIK BERBASIS WEBSITE SILONDO BERMULA DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA DEPOK

Samsiyah, Siti Nur (2024) PENGELOLAAN PELAYANAN PUBLIK BERBASIS WEBSITE SILONDO BERMULA DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA DEPOK. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (520kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (421kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (813kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam pengelolaan administrasi karena kurang efektif dalam pengelolaan Silondo Bermula ini terjadi masalah yang berkaitan dengan masih rendahnya masyarakat yang menggunakan layanan Silondo Bermula, sehingga banyak masyarakat yang tidak terlayani secara efektif. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Depok memperkenalkan inovasi layanan publik berbasis online untuk memudahkan masyarakat dalam pengurusan dokumen kependudukan, yakni Silondo Bermula (Sistem Layanan Online Dukcapil Depok Bersih Mudah dan Lancar). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelayanan publik berbasis website Silondo Bermula. Teori yang menjadi landasan penelitian ini diuraikan oleh Booz Allen dan Hamilton mencakup 5 (lima) dimensi yaitu manfaat, efisiensi, partisipasi, transparansi, dan manajemen perubahan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu melakukan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pelayanan publik berbasis website Silondo Bermula di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Depok telah berhasil menerapkan pemerintahan elektronik. Hal ini mencakup penggunaan teknologi untuk menyediakan layanan administrasi kependudukan secara online. Namun, pada pelaksanaannya masih belum dilakukan secara efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa masyarakat belum menggunakan website Silondo Bermula karena penggunaan berbasis elektronik ini masyarakat tetap harus datang ke kantor pelayanan sementara pelayanan online seharusnya masyarakat mengupload berkas melalui website tersebut.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 26 Mar 2024 04:15
Last Modified: 26 Mar 2024 04:15
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10506

Actions (login required)

View Item View Item