Firzaatullah, Muhamad Fikri (2024) POLA KOMUNIKASI MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS NASIONAL ANGKATAN 2020 DALAM KEGIATAN BELAJAR HYBRID. Bachelor thesis, Universitas Nasional.
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
Bab 1.pdf Download (160kB) |
|
Text
Bab 2.pdf Download (219kB) |
|
Text
Bab 3.pdf Download (161kB) |
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) |
|
Text
Bab 5.pdf Download (85kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Sistem perkuliahan hybrid merupakan sistem pembelajaran yang menggabungkan dua metode pembelajaran yaitu online dan offline. Peneliti mencoba untuk membahas isu pada pola komunikasi mahasiswa selama sistem pembelajaran hybrid dengan menggunakan Teori Kekayaan Media (Media Richness Theory) yang diciptakan oleh Richard L. Daft dan Robert H. Lengel. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan paradigma konstruktivisme tradisi sosiokultural. Penelitian ini akan menggunakan metode wawancara mendalam untuk memperoleh data dan Purposive Sampling sebagai teknik penentuan informan. Mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2020 Universitas Nasional menjadi informan kunci untuk memperoleh data yang diperlukan selama penelitian ini. Informan kunci terdiri dari tiga mahasiswa aktif yang sedang menjalankan perkuliahan dengan sistem pembelajaran hybrid. Hasil penelitian ini menemukan adanya hambatan yang terjadi dalam proses komunikasi pada sistem perkuliahan hybrid, yaitu jeda feedback, mispersepsi, sikap pasif mahasiswa, dan rendahnya motivasi belajar. Meskipun demikian, penelitian ini juga menemukan bahwa hambatan komunikasi yang terjadi tidak mempengaruhi pemahaman mahasiswa terhadap materi dan nilai hasil belajar mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform H Social Sciences > HX Socialism. Communism. Anarchism |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | - Abdurrahman - |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 04:07 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 04:07 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10259 |
Actions (login required)
View Item |