EVALUASI LAYANAN PENGURUSAN SIM BERBASIS DIGITAL DI POLRES METRO BEKASI KOTA

Kamilatunnisa, Putri Almarinanti (2024) EVALUASI LAYANAN PENGURUSAN SIM BERBASIS DIGITAL DI POLRES METRO BEKASI KOTA. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (606kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (986kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (515kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (848kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (273kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Layanan SIM online merupakan inovasi terbaru dalam ranah teknologi digital yang bertujuan untuk memfasilitasi interaksi dan kepentingan masyarakat terkait pengaduan kepada pihak kepolisian. Pelayanan publik ini menjadi favorit bagi masyarakat yang menghadapi masalah hukum atau permasalahan sosial. Dalam konteks e-government, SIM online menonjol karena aspek akuntabilitas, responsivitas, ketepatan, kesetaraan, dan transparansi yang dimilikinya. SIM online tidak hanya menyediakan pelayanan komunikasi elektronik, manajemen data, pembayaran online, dan layanan publik, tetapi juga mendapatkan kritik karena dianggap kurang praktis dalam pengoperasiannya. Aplikasinya masih membutuhkan berbagai fitur dan pelayanan yang lebih sesuai dengan kebutuhan. Meskipun demikian, sebagai pelayanan publik, SIM online mendapat tanggapan positif dari masyarakat pemohon, pengendara kendaraan bermotor, dan aparat hukum. Kelebihan SIM online terletak pada efektivitas, efisiensi, ketepatan, kecukupan, dan responsifitas. Kecukupan mencerminkan hasil yang tepat sasaran dalam mencakup setiap kinerja dan target yang dituju. Responsifitas dan ketepatan menunjukkan bahwa sasarannya sudah baik dan mendapatkan pelayanan serta perlakuan yang sesuai. Efektivitas menjadi indikasi bahwa proses yang dijalankan telah menghasilkan yang terbaik untuk kepentingan publik, sedangkan efisiensi menunjukkan nilai terbaik dalam mencapai tujuan dengan cepat. Ini mencerminkan upaya menuju keberhasilan dalam pelayanan publik yang dilakukan secara digital. kata kunci : efektifitas, efisiensi, pelayanan publik, SIM online,

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 18 Mar 2024 03:02
Last Modified: 18 Mar 2024 03:02
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10009

Actions (login required)

View Item View Item