HUBUNGAN PENERAPAN MODEL PRAKTIK KEPERAWATAN PROFESIONAL - MANAJEMEN ASUHAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT RESTU KASIH JAKARTA

Suryana, Indri Apriyani (2024) HUBUNGAN PENERAPAN MODEL PRAKTIK KEPERAWATAN PROFESIONAL - MANAJEMEN ASUHAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT RESTU KASIH JAKARTA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS UNAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (537kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (143kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (58kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Model praktek keperawatan professional (MPKP) merupakan usaha untuk memberikan pelayanan yang berkualitas dan professional. Untuk terus mempertahankan kualitas agar pasien merasa puas dengan pelayanan rumah sakit, perawat sebagai ujung tombak dalam memberikan pelayanan atau asuhan keperawatan haruslah mampu menerapkan model praktik keperawatan profesional manajemen asuhan keperawatan. Di Rumah Sakit Restu Kasih Jakarta dalam 2 bulan terakhir di bulan Oktober dan November 2023 menunjukkan masih kurangnya tingkat kepuasan pasien pada pelayanan perawatan yaitu di bulan Oktober menunjukkan 89,58% sedangkan di bulan November didapatkan 89,71%. Kepuasan pasien di RS Restu Kasih dalam 2 bulan terakhir belum memenuhi standar penilaian 95% kepuasan pasien menurut peraturan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2016. Tujuan: Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Hubungan Penerapan Model Praktik Keperawatan Profesional-Manajemen Asuhan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien di Ruang Perawatan Rumah Sakit Restu Kasih Jakarta. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif koleratif melalui pendekatan cross sectional. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan total 83 responden. Uji statistik yang digunakan adalah chi-square. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Hasil Penelitian: hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan penerapan MPKP manajemen asuhan keperawatan dengan kepuasan pasien. Hal ini tersebut dibuktikan dengan chi-square diperoleh nilai pvalue : 0,000 (p<0,05). Kesimpulan: Ada hubungan yang signifikan antara penerapan MPKP manajemen asuhan keperawatan terhadap kepuasan pasien di ruang rawat inap RS Restu Kasih (p-value<0,05). Saran: Diharapkan perawat selalu menerapkan MPKP manajemen asuhan keperawatan dalam melakukan asuhan keperawatan. Kata Kunci: Hubungan Penerapan MPKP Asuhan Keperawatan, Kepuasan Kepustakaan: 23 (2011-2022).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Keperawatan
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 15 Mar 2024 04:09
Last Modified: 15 Mar 2024 04:09
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/9931

Actions (login required)

View Item View Item