Faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pelayanan antenatal 10T di UPT Puskesmas Sukakarya Garut Tahun 2023

Nurdiani, Leni (2024) Faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pelayanan antenatal 10T di UPT Puskesmas Sukakarya Garut Tahun 2023. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (762kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (551kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (366kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (428kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (187kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Pelayanan yang bermutu merupakan salah satu kebutuhan dasar yang diperlukan setiap orang. Pelayanan kesehatan yang bermutu adalah pelayanan yang dilaksanakan oleh tenaga kesehatan yang kompeten, memegang teguh falsafah, dilandasi oleh etika dan kode etik serta didukung sarana dan prasarana yang memadai. Pelayanan Antenatal berkepuasan mempunyai peranan yang penting dalam upaya menurunkan angka kematian ibu dan bayi, karena melalui pelayanan yang professional dan berkepuasan, ibu hamil memperoleh pendidikan tentang cara menjaga diri agar tetap sehat, serta meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang kemungkinan adanya resiko atau terjadinya komplikasi dalam kehamilan Tujuan: Mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan Kepuasan ibu hamil terhadap pelayanan Antenatal 10T di UPT Puskesmas Sukakarya Garut. Metodologi: Desain penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dalam jangka waktu kurang dari satu tahun, oleh karena itu desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 56 ibu hamil primigravida. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen penelitian terdiri dari kuesioner tentang kepuasan pasien yang terdiri dari unsur tangible, realibility, responsiveness, assurance dan emphaty. pelaksanaan kelas ibu hamil. Kuesioner ini telah diuji validitas dan reliabilitas dengan nilai koefisien cronbach’s alpha 0,540. Data dianalisis menggunakan descriptive statistics dan uji Chie Square untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien terhadap pelayanan antenatal 10T Hasil Penelitian: menunjukkan faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien diantara faktor tangible (0,000 <0,05), realibility (0,000 <0,05), responsiveness (0,004 <0,05), assurance (0,017<0,05) dan Empathy (0,280>0,05) artinya ada hubungan antara faktor tangible, realibility, responsiveness dan emphaty dengan kepuasan pasien terhadap pelayanan antenatal 10T di UPT Puskesmas Sukakarya Garut Tahun 2023. Kesimpulan: pelayanan antenatal 10T sangat penting untuk memberikan kepuasan kepada pasien dalam melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin ke Puskesmas Saran: Diharapkan tempat pelayanan kesehatan dapat meningkatkan dan mempertahankan kualitas pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan pasien khususnya dalam melakukan pemeriksaan kehamilan. Kata kunci : kepuasan pasien, kehamilan, pelayanan antenatal Kepustakaan : 37 pustaka (2018 – 2023).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Bidan Pendidik
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 14 Mar 2024 06:59
Last Modified: 14 Mar 2024 06:59
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/9857

Actions (login required)

View Item View Item