HUBUNGAN KESEHATAN EMOSIONAL DAN STATUS GIZI DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA PRA SEKOLAH DI PAUD WILAYAH KECAMATAN MAMPANGPRAPATAN JAKARTA SELATAN

ANGGREANI, DINDA (2024) HUBUNGAN KESEHATAN EMOSIONAL DAN STATUS GIZI DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA PRA SEKOLAH DI PAUD WILAYAH KECAMATAN MAMPANGPRAPATAN JAKARTA SELATAN. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (575kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (103kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA- LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Latar Belakang: Kesehatan emosional dan status gizi merupakan dua aspek penting dalam perkembangan anak usia pra sekolah, penelitian tentang hubungan antara keduanya dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana faktor-faktor ini saling memengaruhi dan berdampak pada perkembangan anak. Masalah perkembangan anak usia pra sekolah sering terjadi saat ini, proses tumbuh kembang anak merupakan hal yang penting dan perlu dijaga sejak dini, mengingat anak merupakan generasi penerus bangsa dan berhak untuk mencapai perkembangan yang optimal. Salah satu faktor yang mempengruhi perkembangan motorik lebih rendah dibandingkan anak yang tidak kekurang gizi. Tujuan: Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui tentang hubungan kesehatan emosional dan status gizi dengan perkembangan anak usia pra sekolah di PAUD wilayah Kecamatan Mampang Prapatan Jakarta Selatan. Metodologi: Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif, dan untuk teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan total sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 53 responden. Instrumen penelitian terdiri dari kuesioner kesehatan emosional, timbangan digital dan stature meter untuk mengukur berat badan/tinggi badan, Denver Development Screening Test untuk mengukur perkembangan anak usia pra sekolah. Analisis yang digunakan adalah univariat dan bivariat dengan menggunakan uji chi square. Hasil Penelitian: Hasil penelitian ini menunjukan terdapat hubungan antara kesehatan esmosional dengan perkembangan anak usia pra sekolah (p value 0,000), terdapat hubungan antara status gizi dengan perkembangan anak usia pra sekolah (p value 0,002). Dengan mayoritas perkembangan anak tidak dapat diuji (37,7%), mayoritas kesehatan emosional kategori emosional (56,6%) dan mayoritas status gizi kurang (37,7%). Simpulan: terdapat hubungan yang signifikan antara kesehatan emosional dengan perkembangan anak usia pra sekolah di PAUD Nurilang dan PAUD Cikal Harapan 5 wilayah Kecamatan Mampang Prapatan Jakarta Selatan, dibuktikan dari nilai p < .000 Saran: Penulis menyarankan agar mengembangkan penelitian selanjutnya agar mempertimbagkan confounding factor atau menambah variabel lain yang mungkin berpengaruh.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Keperawatan
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 13 Mar 2024 04:28
Last Modified: 13 Mar 2024 04:28
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/9740

Actions (login required)

View Item View Item