APLIKASI PERJALANAN ‘UMICE’ PADA SMARTPHONE SEBAGAI SARANA PROMOSI HOTEL DI INDONESIA

Putri, Mutiara Adzani (2023) APLIKASI PERJALANAN ‘UMICE’ PADA SMARTPHONE SEBAGAI SARANA PROMOSI HOTEL DI INDONESIA. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (112kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Saat ini pariwisata menjadi salah satu sektor perhatian dunia dalam upaya memulihkan keterpurukan-nya pasca pandemi, begitu juga dengan industri hospitality yang merupakan bagian penting dari kegiatan pariwisata. Di era digital, persiapan perjalanan digital lebih populer, sehingga aplikasi pendukung pemesanan perjalanan menjadi fokus dalam perencanaan dan pengembangan industri ekonomi kreatif Indonesia. Traveloka, Pegipegi, dan Airy merupakan online travel agent yang menyediakan pelayanan akomodasi berbasis digital. Ketiga aplikasi perjalanan tersebut secara umum memiliki persamaan dari segi tampilan, sistem, dan fungsinya sebagai toko online. Aplikasi tersebut dinilai cukup efektif dalam memenuhi kebutuhan pemesanan online, namun belum mampu memaksimalkan layanan inovasi fitur terkait. Penelitian ini akan membahas peran penting aplikasi sebagai alat promosi di smartphone dengan membandingkan ketiga aplikasi yang telah diluncurkan dan merancang aplikasi “Umice” berdasarkan pengembangan dari tiga aplikasi sebelumnya. Tujuan yang ingin dicapai adalah memahami peran penting penggunaan aplikasi di smartphone sebagai alat promosi di era digital saat ini, mengetahui kelebihan dan kekurangan fitur dalam aplikasi yang dipublikasikan, dan membuat rancangan fitur di aplikasi "Umice" sebagai sarana media promosi hotel di Indonesia. Metodologi penelitian ini mengadopsi metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian deskriptif ini dipilih untuk mendeskripsikan strategi perencanaan pengembangan promosi hospitality berbasis digital.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ekonomi > Program Studi Pariwisata
Depositing User: Delvy Aplirizani -
Date Deposited: 10 Jan 2024 03:16
Last Modified: 10 Jan 2024 03:16
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/9380

Actions (login required)

View Item View Item