MANAJEMEN KOMUNIKASI PENJUALAN PRODUK SECARA LIVE MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK

Cantika, Lulu (2023) MANAJEMEN KOMUNIKASI PENJUALAN PRODUK SECARA LIVE MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (458kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (365kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (834kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (122kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (724kB)

Abstract

Peran influencer berdampak pada calon konsumen yang melihatnya, dan minat daya beli muncul dari hasil review dan berdasarkan apa yang mereka unggah dan tulis di media sosial. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui manajemen Komunikasi Penjualan Produk secara Live melalui Media Sosial Tiktok (Studi Kasus pada TikTokers Meyden). Teori yang menjadi acuan pada penelitian ini adalah teori manajemen komunikasi, teori interaksi simbolik, dan teori pengelolaan pesan. Dalam pelaksanaan penelitian, penulis menganalisis dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan, Meyden membuat perencanaan terkait konten yang akan dibuat sebelum memulai live, pendistribusian produk melalui manajemennya yaitu Bigetron Era, dan menunggu jadwal dari Bigetron Era terkait waktu live Meyden; Pada tahap pengorganisasian, Bigetron era selaku manajemen Meyden memberi jadwal terkait live Tiktok dan memberi pemberitahuan terkait penghasilan yang akan Meyden dapatkan; Pada tahap pelaksanaan, Meyden berkomunikasi secara verbal dan non verbal kepada para penontonnya; Pada tahap evaluasi, Meyden mengevaluasi dirinya sendiri dan juga meninjau insight yang didapatkan setelah live. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu komunikasi penjualan produk secara live melalui media Tiktok yang dilakukan Meyden efektif dan berhasil. Dengan melakukan 4 tahapan manajemen komunikasi yakni perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan juga evaluasi membuat engagement yang didapatkan oleh Meyden selalu ramai dan juga memberikan keuntungan pada penjualan produk yang dilakukan. Pihak Bigetron Era sebagai manajemen Meyden juga turut andil dalam melakukan perencanaan dan juga berbagai hal menyangkut jadwal siaran live Meyden di Tiktok

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:51
Last Modified: 08 Jan 2024 07:51
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/9371

Actions (login required)

View Item View Item