PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @INDONESIABAIK.ID DALAM PENYEBARAN INFORMASI PUBLIK

Larasati, Sri Dewi (2023) PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @INDONESIABAIK.ID DALAM PENYEBARAN INFORMASI PUBLIK. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (511kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (346kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (179kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus pada penelitian ini ialah bagaimana pengelolaan media sosial Instagram yang dilakukan oleh akun @indonesiabaik.id dalam penyebaran informasi publik. Hal ini dilatarbelakangi oleh perkembangan media sosial terutama di Instagram yang turut mendorong pemerintah menggunakannya sebagai media penyebaran informasi publik yang ada. Akun Instagram @indonesiabaik.id melakukan penyebaran informasi publik mengenai pemerintahan guna menjangkau masyarakat secara luas cukup aktif dalam mengunggah kontennya. Dalam penelitian menggunakan Teori New Media milik Denis McQuail, di mana dalam melakukan komunikasi dan penyebaran informasi dengan media sosial dan internet dapat dirasakan lebih mudah. Serta dalam penelitian ini menerapkan konsep POAC dan model The Circular Model of Some oleh Regina Luttrell untuk mengetahui pengelolaan media sosial Instagram yang dilakukan akun @indonesiabaik.id dalam penyebaran informasi publik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui data primer yang diperoleh dari wawancara mendalam kepada key informan dan empat informan, sedangkan data sekunder diperoleh melalui dokumentasi. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa Pengelolaan Media Sosial Instagram @indonesiabaik.id Dalam Penyebaran Informasi Publik dimulai dari pembuatan konten dengan mengangkat isu berdasarkan rapat agenda setting dan rapat internal tim Indonesiabaik.id. Penyebaran informasi publik menggunakan Instagram dipilih karena kepopuleranya serta mendekat ke generasi muda sebagai target audiencenya. Pengelolaan media sosial Instagram memanfaatkan fitur-fitur Instagram seperti cukup aktif dalam mengunggah konten melalui Feeds dan Instagram Story. Dalam menjalin hubungan dengan audiencenya dengan berusaha membalas direct message maupun komentar, serta terdapat media monitoring yang dilakukan akun @indonesiabaik.id dengan mengandalkan fitur insight Instagram untuk membuat laporan perkembangan Instagramnya dan menyebarkan survei kepada pengikutnya setiap tahun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 04 Jan 2024 03:34
Last Modified: 04 Jan 2024 03:34
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/9356

Actions (login required)

View Item View Item