REPRESENTASI FORMULA ATTENTION, INTEREST, DESIRE, CONVICTION, ACTION (AIDCA) DALAM IKLAN WE THE FEST 2022 X H&M INDONESIA “HOUSE OF ME” DI YOUTUBE (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce)

Hawwa, Citra Syamsa (2023) REPRESENTASI FORMULA ATTENTION, INTEREST, DESIRE, CONVICTION, ACTION (AIDCA) DALAM IKLAN WE THE FEST 2022 X H&M INDONESIA “HOUSE OF ME” DI YOUTUBE (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce). Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER (Cover, Lembar Penunjang, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi).pdf

Download (643kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (116kB)
[img] Text
LAMPIRAN (Daftar Pustaka, Lampiran-Lampiran, Lembar Awal Hasil Tunitin).pdf

Download (1MB)

Abstract

Keberadaan platform digital sangat efektif untuk menarik perhatian. YouTube sebagai salah satu platform digital yang digunakan untuk keperluan promosi maupun kampanye sosial. Iklan We The Fest 2022 x H&M Indonesia “House of Me” di YouTube berisi serangkaian adegan yang menampilkan perpaduan pesan motivasi dan pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui representasi formula AIDCA dalam iklan. Penelitian ini menggunakan teori analisis semiotika Peirce berdasarkan Object meliputi Ikon, Indeks, Simbol dan Teori Representasi menurut Stuart Hall. Metode yang digunakan adalah metode analisis deskriptif yang merupakan salah satu metode analisis isi kualitatif. Setelah melihat tanda-tanda dari 23 scene yang ada di dalam iklan We The Fest 2022 x H&M Indonesia “House of Me” di YouTube, formula AIDCA (Attention, Interest, Desire, Conviction, Action) yang ditunjukkan dalam iklan, menggambarkan pesan yang mencerminkan penggunaan perpaduan antara pesan motivasi dan strategi pemasaran. Perpaduan pesan ditampilkan dalam upaya membentuk persepsi positif terhadap keberanian seseorang dalam tampil percaya diri dengan gaya stylish sesuai identitas dan karakteristik diri. Serta iklan ini mencerminkan bahwa We The Fest 2022 dan H&M Indonesia dapat berfungsi sebagai ruang dalam pembentukan sifat berani dan percaya diri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 01 Dec 2023 03:45
Last Modified: 01 Dec 2023 03:45
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/9048

Actions (login required)

View Item View Item