Paramarta, Ario Anggakoro (2023) ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES TERHADAP PESAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG DONASI PADA @lbh_jakarta. Diploma thesis, Universitas Nasional.
Text
Cover.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (162kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (533kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (153kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (248kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (4MB) |
Abstract
Lazimnya suatu iklan, iklan layanan masyarakat pun menggunakan pesan persuasif dalam upaya untuk membujuk khalayaknya. Era New Media, media iklan banyak ragamnya. Instagram menjadi salah satu media terfavorit dalam menyampaikan informasi salah satunya iklan, seperti yang dilakukan oleh LBH dalam menggalang donasi mereka telah merubah promosi secara tradisional menjadi modern. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tanda-tanda pesan persuasif yang disampaikan pada iklan layanan masyarakat tentang donasi di @lbh_jakarta. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif, jenis penelitian deskriptif, sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah analisis semiotika Roland Bhartes. Hasil penelitiannya antara lain simbol yang menarik di dalam Iklan layanan masyarakat tentang donasi pada @lbh_jakarta dapat meningkatkan daya tarik pesan secara tersirat. Adapun jalur pesan persuasif yang digunakan adalah jalur periferal dimana proses ELM pada Iklan Layanan Masyarakat terjadi perubahan persuasif dari jalur central ke periferal sehingga menyebabkan kurangnya respon khalayak terhadap Iklan Layanan Masyarakat pada donasi bantuan hukum di LBH Jakarta.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Miss Rahma Rahmawati |
Date Deposited: | 14 Nov 2023 03:14 |
Last Modified: | 14 Nov 2023 03:14 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/8945 |
Actions (login required)
View Item |