PEMAKNAAN KEMEWAHAN DALAM IKLAN (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES DALAM IKLAN SPRITE VERSI “KENYATAAN GAK SEINDAH SOSMED SELEBRITI – MAKAN MEWAH” DI YOUTUBE)

Hasani, Muhammad Nur Huda Al (2023) PEMAKNAAN KEMEWAHAN DALAM IKLAN (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES DALAM IKLAN SPRITE VERSI “KENYATAAN GAK SEINDAH SOSMED SELEBRITI – MAKAN MEWAH” DI YOUTUBE). Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover .pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (38kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (583kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui, mendeskripsikan, serta memberikan analisis makna kemewahan yang terkandung dalam iklan Sprite versi Kemewahan Gak Seindah Sosmed Selebriti - Makan Mewah di Media Sosial Youtube dengan menggunakan teori Hiperrealitas dengan mengaitkan penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatis dengan analisis Semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian yang didapat mengenai makna kemewahan dalam iklan Sprite yaitu terdapat kemewahan yang dibagi menjadi tiga kategori yaitu kemewahan secara penampilan, gaya hidup, konsumtif tinggi. Realitas yang digambarkan dalam iklan ini menunjukkan adanya hipperealitas dalam iklan ini. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kemewahan yang dipresentasikan dalam iklan Sprite versi kenyataan gak seindah sosmed selebriti - makan mewah di YouTube dapat dibagi menjadi tiga kategori, yaitu kemewahan melalui penampilan, gaya hidup, dan konsumtif tinggi. Kemewahan tersebut terlihat dari potongan-potongan adegan yang ditampilkan dalam iklan. Makna kemewahan dalam iklan ini digunakan untuk mencapai tujuan iklan tersebut. Iklan Sprite versi kenyataan gak seindah sosmed selebriti bertujuan untuk menyampaikan pesan bahwa realitas yang ditampilkan dalam iklan tidak selalu sama dengan realitas sebenarnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 01 Nov 2023 08:16
Last Modified: 01 Nov 2023 08:16
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/8729

Actions (login required)

View Item View Item