KOMUNIKASI MASSA PADA MEDIA CETAK DILIHAT DARI FUNGSINYA SEBAGAI MEDIA MASSA ( Perspektif Dennis McQuail Pada Majalah Mingguan Gatra )

Farhan, Muhamad (2023) KOMUNIKASI MASSA PADA MEDIA CETAK DILIHAT DARI FUNGSINYA SEBAGAI MEDIA MASSA ( Perspektif Dennis McQuail Pada Majalah Mingguan Gatra ). Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover.pdf

Download (704kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (132kB)
[img] Text
bab ii.pdf

Download (866kB)
[img] Text
bab iii.pdf

Download (124kB)
[img] Text
bab IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
bab v.pdf

Download (111kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (605kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisisis bagaimana komunikasi massa pada media cetak dilihat dari fungsinya sebagai media massa ( Perspektif Dennis McQuail Pada Majalah Mingguan Gatra ). Teori yang digunakan adalah teori fungsi media massa Dennis McQuail yang terdiri dari survilliance ( pengawasan ), Interpretation ( penafsira ), linkage ( pertalian ), transmission of value ( penyebaran nilai – nilai, dan entertainment ( hiburan ). Metode penelitian kualitatif deskriptif interpretif. Hasil penelitian menunujukan 1) Survilliace ( pengawasan ) melalui pengumpulan, penyajian, pendistribusian informasi yang akurat dan objektif yang berperan sebagai pengawas demi kepentingan khalayak.2) Interpretation ( penafsiran ) melibatkan kemampuan media untuk menjelaskan, memodifikasi, dan mengomentari peristiwa dengan kalimat penulisan yang sederhana sehingga informasi mampu disampaikan dengan baik dan memberikan sudut pandang yang berbeda. 3) linkage ( pertalian ) media ini massa menunjukan sisi mereka kepada khalyak bahwa lewat media massa hubungan antar sesama masih bisa terjaga. 4) Transmission of value ( penyebaran nilai – nilai ) memberikan artikel yang inspiratif para pembaca ikut terdorong dan termotivasi dengan artikel inspiratif yang disajikan. 5) Entertainment ( hiburan ) hiburan pada majalah Gatra dapat beragam, seperti cerita ringan, liputan acara hiburan, ulasan film atau musik, serta segmen yang menginspirasi dan menghibur. Kesimpulannya komunikasi massa pada media cetak dilihat dari fungsinya sebagai media massa ( perspektif Dennis McQuail pada majalah mingguan Gatra ) telah meliputi lima teori fungsi media massa yaitu survilliance, interpretation, linkage, transmission of value,dan entertainment. Sarannya diharapkan untuk Gatra untuk bisa lebih meningkatkan kestablian dan kualitas isi konten juga meningkatkan kolaborasi dengan para pembaca untuk melalui kolom surat pembaca, forum diskusi, atau bahkan melalui platform digital.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 01 Nov 2023 08:06
Last Modified: 01 Nov 2023 08:06
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/8726

Actions (login required)

View Item View Item