PERILAKU KOMUNIKASI PENGGEMAR KPOP (Studi Fenomenologi Pada Penggemar Video Musik NCT “Make a wish” Pada Mahasiswa Universitas Nasional)

Gieska, Lutfi Tsabita (2023) PERILAKU KOMUNIKASI PENGGEMAR KPOP (Studi Fenomenologi Pada Penggemar Video Musik NCT “Make a wish” Pada Mahasiswa Universitas Nasional). Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (308kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (402kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (271kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (823kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (148kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (844kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang perilaku komunikasi verbal dan nonverbal penggemar kpop dalam menonton video musik NCT "Make a wish". Dengan menggunakan pendekatan fenomenologi, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana penggemar berinteraksi dengan video musik melalui respon aktif seperti memberikan komentar, ikut bernyanyi, dan berdiskusi di platform media sosial. Selain itu, perilaku komunikasi nonverbal penggemar juga diamati, termasuk mengunduh lagu, menonton video musik secara langsung di YouTube, menggerakan badan, melakukan dance cover, meniru fashion, serta membeli dan mengoleksi merchandise NCT. Penelitian ini juga menganalisis pengaruh penggunaan media sosial dalam interaksi penggemar dan pembentukan identitas kolektif melalui penggunaan bahasa Korea dalam komunikasi. Teori budaya populer John Storey dan teori modelling Albert Bandura digunakan untuk memahami bagaimana video musik sebagai bentuk budaya populer mempengaruhi perilaku komunikasi dan fanatisme penggemar. Penggemar NCT menunjukkan tingkat fanatisme yang tinggi dengan mengidentifikasi diri mereka dengan idola mereka dan melakukan perilaku imitasi seperti meniru gerakan tari dan ekspresi wajah anggota NCT. Hasil penelitian ini memberikan wawasan yang mendalam tentang bagaimana penggemar berinteraksi dan berkomunikasi melalui video musik NCT "Make a wish" serta pengaruh budaya populer dan media sosial dalam membentuk perilaku penggemar. Implikasi penelitian ini dapat memberikan kontribusi dalam memahami ikatan emosional antara penggemar dan grup idolanya, serta relevansi teori budaya populer dan teori modelling dalam studi perilaku komunikasi penggemar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 01 Nov 2023 07:49
Last Modified: 01 Nov 2023 07:49
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/8723

Actions (login required)

View Item View Item