REPRESENTASI MASKULINITAS PADA CUPLIKAN KONTEN TIKTOK ZAAFER INDONESIA

Harizki, Iqbal Aufa (2023) REPRESENTASI MASKULINITAS PADA CUPLIKAN KONTEN TIKTOK ZAAFER INDONESIA. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (906kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (468kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (428kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (83kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (241kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan iklan tidak hanya bertujuan untuk mempromosikan produk semata, tetapi juga memiliki peran penting dalam mencerminkan nilai-nilai dan ideologi yang diusung oleh sebuah merek. Dalam konteks ini, representasi maskulinitas menjadi aspek yang menarik untuk diteliti dalam iklan Zaafer Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis representasi maskulinitas yang terdapat pada konten Zaafer Indonesia di yang dipublikasikan di platform TikTok. Representasi maskulinitas di sini merujuk pada cara merek ini menggambarkan laki-laki dalam berbagai situasi dan bagaimana pakaian muslim yang dipromosikan menonjolkan atribut-atribut maskulinitas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik semiotika John Fiske untuk menganalisis tanda dan makna yang terdapat pada cuplikan konten TikTok Zaafer Indonesia. Teori semiotika yang dicetuskan oleh Fiske memiliki tiga level, yaitu level realitas, representasi, dan ideologi melihat tanda-tanda atau simbol yang digunakan dan makna yang terkandung di dalamnya. Dengan demikian, analisis data ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana maskulinitas direpresentasikan dalam konten TikTok Zaafer Indonesia. Penelitian ini menemukan bahwa melalui penggunaan talent, konten TikTok Zaafer Indonesia merepresentasikan berbagai aspek maskulinitas, mulai dari laki-laki metroseksual hingga sifat kelaki-lakian yang macho. Representasi ini ditampilkan melalui ekspresi wajah, gaya berpakaian, dan latar pengambilan gambar. Pemilihan talent yang tepat memainkan peran penting dalam membentuk tanda maskulinitas dan menyampaikan pesan bahwa produk pakaian muslim Zaafer Indonesia cocok digunakan laki-laki untuk acara formal dan santai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 01 Nov 2023 07:11
Last Modified: 01 Nov 2023 07:11
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/8717

Actions (login required)

View Item View Item