PEMBERDAYAAN ANAK PUTUS SEKOLAH MELALUI PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH OLEH KOMUNITAS SAUNG BACA GARPU DI JAKARTA TIMUR

Ibrahim, Ian (2023) PEMBERDAYAAN ANAK PUTUS SEKOLAH MELALUI PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH OLEH KOMUNITAS SAUNG BACA GARPU DI JAKARTA TIMUR. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (981kB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf

Download (526kB)
[img] Text
3. BAB 2.pdf

Download (723kB)
[img] Text
4. BAB 3.pdf

Download (445kB)
[img] Text
5. BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB 5.pdf

Download (385kB)
[img] Text
7. Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori actors dalam pemberdayaan masyarakat menurut sarah cook dan steve macaulay. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana latar belakang sosial ekonomi keluarga anak putus sekolah di permukiman pemulung, Jakarta Timur dan untuk mengetahui bagaimana kegiatan pemberdayaan yang dilaksanakan oleh komunitas Saung Baca Garpu dalam menumbuhkan minat belajar anak putus sekolah. Hasil penelitian ini Pemberdayaan yang dilakukan komunitas saung baca garpu terhadap anak – anak putus sekolah dipermukiman pemulung, Jakarta Timur diantaranya : Pemberdayaan di bidang pendidikan dengan memberikan pendidikan luar sekolah lewat pengajaran di saung baca garpu. Pemberdayaan di bidang kesehatan dengan pemberian susu dan makanan sehat setiap seminggu sekali untuk menjadi anak - anak yang sehat. Dan Pemberdayaan di bidang kesenian, memberikan pelatihan kesenian tari menari setiap sebulan sekali. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa anak putus sekolah memiliki minat belajar yang tinggi dalam mengikuti pendidikan luar sekolah disaung baca garpu, hal ini didapatkan dari keaktifan mereka dalam kegiatan belajar di saung baca garpu. Pemberdayaan yang dilakukan komunitas saung baca garpu berhasil dalam menumbuhkan kembali minat belajar mereka melalui program pendidikan luar sekolah. Dan pemberdayaan yang dilakukan berhasil meningkatkan keterampilan dan kemampuan dasar anak putus sekolah untuk menjadi pribadi yang lebih berdaya dan kompetitif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Politik
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 30 Oct 2023 07:06
Last Modified: 30 Oct 2023 07:06
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/8645

Actions (login required)

View Item View Item