PENGARUH PENERAPAN SISTEM INFORMASI APLIKASI TIJE TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA TRANSJAKARTA TAHUN 2022 (STUDI KORIDOR 13 CBD CILEDUG-TENDEAN)

Rizkatiananda, Valenia (2023) PENGARUH PENERAPAN SISTEM INFORMASI APLIKASI TIJE TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA TRANSJAKARTA TAHUN 2022 (STUDI KORIDOR 13 CBD CILEDUG-TENDEAN). Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover.pdf

Download (465kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB 4..pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (144kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan sistem informasi aplikasi TIJE terhadap kepuasan pengguna Transjakarta pada tahun 2022 di koridor 13 CBD CiledugTendean. Aplikasi TIJE adalah sebuah platform digital yang diluncurkan PT Transjakarta untuk membantu pengguna dalam mencari informasi Transjakarta seperti halte, rute dan sebagainya, aplikasi ini juga dapat membantu pengguna merencanakan perjalanan yang aman dan nyaman dengan menggunakan bus Transjakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik accidental sampling sebagai pengambilan sampel, dan menggunakan landasan teori Sistem Informasi yang dikemukakan oleh Mustakin Jugiyono (2010) yang mencakup beberapa indikator dan faktor penentu dalam penerapannya, termasuk kegunaan, ekonomi, keandalan, pelayanan langganan, kesederhanaan, dan fleksibilitas, serta menggunakan landasan teori kepuasan pengguna yang dikemukakan oleh Green Pearson (2009) mencakup beberapa indikator termasuk kemudahan, personalisasi, kecepatan akses, dan penyajian informasi. Data diperoleh melalui observasi, penyebaran angket, analisis dokumen terkait penerapan aplikasi TIJE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan aplikasi TIJE pengaruh positif bagi kepuasan pengguna Transjakarta sebesar 16,5% yang artinya aplikasi TIJE sudah cukup membantu para pengguna dalam mendapatkan informasi Transjakarta setiap kali merencanakan perjalanan menggunakan bus Transjakarta. Namun, penelitian juga mengungkap beberapa kekurangan yang masih perlu diperbaiki pada aplikasi TIJE, seperti informasi yang masih belum sesuai secara real-time, jadwal kedatangan bus yang masih sering terlambat, dan masih sulitnya melakukan pembelian tiket.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 30 Oct 2023 06:24
Last Modified: 30 Oct 2023 06:24
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/8636

Actions (login required)

View Item View Item