ANALISIS STRATEGI KREATIF KONTEN PROMOSI SILVERQUEEN MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM(Studi pada Konten Animasi Dalang Pelo)

Rifaldi, Rifaldi (2023) ANALISIS STRATEGI KREATIF KONTEN PROMOSI SILVERQUEEN MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM(Studi pada Konten Animasi Dalang Pelo). Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (646kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (403kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam proses promosi menggunakan media sosial Instagram para pelaku usaha berusaha untuk membagikan informasi terkait produk ataupun jasa yang mereka tawarkan kepada calon konsumen. Semakin banyaknya pelaku usaha yang memanfaatkan media sosial Instagram sebagai media promosinya mengharuskan setiap pelaku usaha memiliki strategi kreatif tersendiri dalam mempromosikan produk ataupun jasanya agar produk ataupun jasa yang ditawarkan dapat dikenal oleh khalayak, serta menunjang daya jual dari produk ataupun jasa yang ditawarkan. Salah satu konten untuk keperluan promosi adalah konten Dalang Pelo yakni #SeruMaksimal Makan SilverQueen Gue. Video berbentuk animasi ini berlatarkan di sekolah dan menceritakan berbagai cara menikmati cokelat SilverQueen dengan berdasarkan daerah tempat tinggal masing-masing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi kreatif animasi Dalang Pelo dalam membuat konten promosi pada produk SilverQueen agar informasi yang disampaikan meningkatkan kampanye produk yang sebelumnya yaitu #IniIndonesiaku dan meningkatkan kampanye produk yang sedang berjalan yaitu #SeruMaksimal. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan secara langsung dengan empat informan. Dari hasil penelitian ini memperoleh hasil bagaimana proses perumusan strategi menurut Fred R. David, dimensi kreatif menurut Mel Rhodes, dan strategi kreatif dalam periklanan menurut Rama Kertamukti. Konten promosi animasi Dalang Pelo menghasilkan video dengan format animasi dengan tema brand image dengan pendekatan pendekatan pesan rational approach dan menggunakan teknik visual diantaranya yakni spookes person, animasi, close up, humor, dan slice of live. Teknik pesan yang digunakan animasi Dalang Pelo menggunakan teknik pesan slogan, fungsi produk dan humor dengan prinsip pesan always relevant.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 30 Oct 2023 03:17
Last Modified: 30 Oct 2023 03:17
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/8613

Actions (login required)

View Item View Item