PENGARUH KONTEN YOUTUBE NIHONGO MANTAPPU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR KE LUAR NEGERI (SURVEI TERHADAP AUDIENS NIHONGO MANTAPPU)

Husna, Lulu Fadhila (2023) PENGARUH KONTEN YOUTUBE NIHONGO MANTAPPU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR KE LUAR NEGERI (SURVEI TERHADAP AUDIENS NIHONGO MANTAPPU). Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover (Cover, Lembar Penunjang, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi, dll)_Lulu Fadhila Husna_1932.pdf

Download (959kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (968kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (513kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (672kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (201kB)
[img] Text
LAMPIRAN (DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN, TURNITIN)_Lulu Fadhila Husna_193516516064.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tingkat pendidikan yang mumpuni mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDA) suatu negara, namun Indonesia yang berjumlah penduduk tertinggi memiliki kualitas sumber daya manusia yang masih rendah. Berbanding terbalik dengan rendahnya penduduk Indonesia yang mengeyam pendidikan sampai ke perguruan tinggi, masyarakat yang melanjutkan studi ke luar negeri cukup banyak. Tingginya peminat untuk melanjutkan studi ke luar negeri membuat persaingan semakin ketat dan tidak sedikit di antara mereka merasa pesimis. Oleh karenanya, dibutuhkan motivasi untuk mendorong masyarakat dan hal tesebut dimanfaatkan oleh channel Youtube Nihongo Mantappu melalui media sosial Youtube yang tidak terbatas ruang dan waktu. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh antara konten Youtube Nihongo Mantappu terhadap motivasi belajar ke luar negeri audiens Nihongo Mantappu. Teori yang digunakan adalah Teori S-O-R (Stimulus, Organism, Response). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan kuesioner yang dibagikan kepada 115 responden yang merupakan audiens dari channel Youtube Nihongo Mantappu. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Melalui Uji R Square, terlihat pengaruh sebesar 37,2% dari konten Youtube Nihongo Mantappu terhadap motivasi belajar ke luar negeri dan 62,8% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain. Dari Uji Korelasi (r), diperoleh r hitung (0,610) > r tabel (0,183), sehingga H 0 ditolak dan H a diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 27 Oct 2023 04:23
Last Modified: 27 Oct 2023 04:23
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/8583

Actions (login required)

View Item View Item