Pengaruh Pelayanan Pajak Online Restoran Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pada Unit Pelayanan Pemungutan Pajak Daerah Wilayah Kebayoran Baru Tahun 2022

Karre, Christian Agung (2023) Pengaruh Pelayanan Pajak Online Restoran Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pada Unit Pelayanan Pemungutan Pajak Daerah Wilayah Kebayoran Baru Tahun 2022. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover.pdf

Download (949kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (540kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (265kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pajak merupakan salah satu sumber pendapatan terbesar bagi negara di mana nantinya akan digunakan kembali untuk kepentingan bersama. Penerimaan pajak bagi suatu negara menjadi sangat penting dalam sepenuhnya menjalankan roda pemerintahan dan pembiayaan infrastruktur. Dalam meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak, pemerintah selalu meningkatkan inovasi dalam pelayanannya seperti salah satunya adalah dihadirkannya pelayanan pajak online atau esystem (Electronic System) dalam perpajakan pada bulan mei 2004 melalu keputusan Direktur Jendral Pajak Nomor KEP88/PJ/2004. Penerapan sistem pajak online merupakan bentuk pelayanan pajak yang berkualitas sehingga mampu mendorong para Wajib Pajak dalam memenuhi urusan perpajakannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan sistem pajak online restoran terhadap kepatuhan wajib pajak. Dengan menggunakan teori pelayanan pajak online menurut Tambun dan Witriyanto (2016) yang terdiri dari empat indicator yaitu : Keahlian Wajib Pajak dalam menggunakan e-system, Kepercayaan Wajib Pajak terhadap keamanan dan kerahasiaan dalam menggunakan esystem, kemudahan yang dirasakan Wajib Pajak dalam menggunakan e-system, dan yang terakhir adalah konten. Sedankan dalam variabel Kepatuhan Wajib Pajak menggunakan teori dari Siti Kurnia Rahayu (2010) terdapat empat indicator utama yaitu : Kepatuhan Wajib Pajak untuk menyetor kembali surat pemberitahuan pajak (SPT), Kepatuhan dalam perhitungan dan pembayaran pajak, Kepatuhan Wajib Pajak dalam mendaftarkan diri, dan yang terakhir Kepatuhan dalam pembayaran tunggakan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Sampel pada penelitian ini berjumlah 91 orang dengan taraf kesalahan sebesar 5% menggunakan teknik simple random sampling Hasil penelitian dari perhitungan rumus Korelasi Product Moment diperoleh nilai korelasi sebesar 0.424 sedangkan menurut nilai rTabel dengan nilai n = 91 pada taraf kesalahan 5% adalah 0.206 Berdasarkan dari hasil uji hipotesis, pengaruh pelayanan pajak online terhadap kepatuhan wajib pajak pada unit pelayanan pemungutan pajak daerah wilayah kebayoran baru menunjukkan nilai tHitung sebesar 4.410 dan tTabel sebesar 1.662. maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh antara variabel pelayanan pajak online dengan kepatuhan wajib pajak

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 26 Oct 2023 04:04
Last Modified: 26 Oct 2023 04:04
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/8554

Actions (login required)

View Item View Item