STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PELAKU USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) OLEH DINAS KOPERASI DAN USAHA MIKRO KOTA DEPOK

Noor, Mochamad Krismawan (2023) STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PELAKU USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) OLEH DINAS KOPERASI DAN USAHA MIKRO KOTA DEPOK. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (688kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (677kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (639kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (354kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (303kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) berkontribusi besar terhadap kondisi perekonomian di Indonesia, salah satunya di Kota Depok yang memiliki potensi tinggi terhadap pengembangan UMKM Namun, realitanya dalam pengembangan sektor UMKM di Kota Depok masih mengalami beberapa permasalahan yakni berkaitan dengan rendahnya akses pemberdayaan UMKM Depok yang mengacu dalam permasalahan pembinaan, pemasaran, dan permodalan para pelaku UMKM Kota Depok. Oleh sebab itu, mendorong Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok dalam merealisasikan berbagai strategi sebagai upaya pengembangan dan pemberdayaan UMKM Kota Depok untuk menciptakan UMKM yang berkreativitas, inovatif dan berdaya saing tinggi di Kota Depok. Tujuan penelitian ini adalah tujuan dalam penelitian ini, yakni untuk menganalisis dan mendeskripsikan strategi Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Depok dalam melakukan pemberdayaan masyarakat pelaku usaha mikro kecil menengah di kota depok. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi yang didasarkan pada 5 (lima) indikator keberhasilan strategi menurut Mintzberg (1991) yakni strategi sebagai rencana dan tujuan program, strategi sebagai rancangan tindakan , strategi sebagai tindakan yang berulang, strategi sebagai adaptasi lingkungan dan strategi sebagai cara pandang. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh secara langsung melalui observasi dan wawancara oleh beberapa pihak informan dan data sekunder yang diperoleh melalui data-data dalam Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Depok. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemberdayaan UMKM yang direalisasikan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Depok telah terlaksana dengan baik namun belum sepenuhnya efektif dan maksimal dalam proses berjalannya pelaksanaan strategi tersebut. Hal itu karena masih terdapat beberapa masyarakat pelaku UMKM di Kota Depok yang mengalami beberapa kendala dalam menerima program-program pemberdayaan UMKM di Kota Depok sehingga belum merasakan dampak yang signifikan terhadap usaha mereka dengan adanya strategi pemberdayaan yang dilakukan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Depok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 18 Oct 2023 07:41
Last Modified: 18 Oct 2023 07:41
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/8343

Actions (login required)

View Item View Item