Yunita, Alfina Rizky (2023) PELAYANAN KESEHATAN BERBASIS APLIKASI ANDROID (E-JANTUNG) DI RSUD KRAMAT JATI. Diploma thesis, Universitas Nasional.
Text
COVER.pdf Download (5MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (407kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (461kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (328kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (222kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Pelayanan Kesehatan Berbasis Aplikasi Android (e-Jantung) di RSUD Kramat Jati yang dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi seperti kendala pada pasien lansia yang kesulitan beradaptasi dengan teknologi terkini sehingga tidak dapat menggunakan aplikasi e-Jantung secara mandiri, serta kendala pada aplikasi yang error seperti loading terlalu lama sehingga dapat menghambat proses pelayanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan memahami lebih dalam mengenai Pelayanan Kesehatan Berbasis Android (e-Jantung) di RSUD Kramat Jati. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan penelitian berjumlah 5 (lima) orang. Penelitian ini menggunakan teori pelayanan menurut Lenvine (Syahruddin, 2019) yang memiliki 3 (tiga) indikator, yaitu: 1) Daya tanggap (responsiveness); 2) Responsibilitas (responsibility); 3) Akuntabilitas (accountability). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi e-Jantung dinilai sudah cukup efektif dalam proses registrasi pendaftaran pelayanan kesehatan di RSUD Kramat Jati. Jika dibandingkan dengan sebelumnya yang mengharuskan mereka untuk mengantre dari pagi hari, maka masyarakat lebih memilih menggunakan aplikasi e-Jantung ini karena dapat melakukan pendaftaran secara online kapan pun dan dimana pun. Namun, masih ada beberapa hambatan khususnya bagi pasien lansia yang tidak dapat menggunakan aplikasi secara mandiri sehingga meminta bantuan pada petugas untuk melakukan pendaftaran dengan aplikasi e-Jantung dan kendala lain dari aplikasi yang loading terlalu lama. Saran dari peneliti untuk ke depannya perlu diadakan maintenance atau pemeliharaan secara berkala pada aplikasi agar berjalan dengan optimal. Kemudian diadakan kembali sosialisasi penggunaan aplikasi e-Jantung ini terutama untuk para lansia yang pada dasarnya gagap teknologi sehingga dapat menggunakan aplikasi eJantung secara mandiri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) R Medicine > RA Public aspects of medicine |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | Miss Rahma Rahmawati |
Date Deposited: | 18 Oct 2023 03:29 |
Last Modified: | 18 Oct 2023 03:29 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/8326 |
Actions (login required)
View Item |