INSTAGRAM STORIES SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI SELF DISCLOSURE (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NASIONAL FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK JURUSAN ILMU KOMUNIKASI TAHUN ANGKATAN 2018)

Nareswari Sekar, Sekar (2023) INSTAGRAM STORIES SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI SELF DISCLOSURE (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NASIONAL FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK JURUSAN ILMU KOMUNIKASI TAHUN ANGKATAN 2018). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
cover.pdf

Download (929kB)
[img] Text
BAB1.pdf

Download (424kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (377kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (928kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (127kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (739kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk komunikasi Self Disclosure melalui Instagram Stories Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Jurusan Ilmu Komunikasi Tahun Angkatan 2018. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan Teori Self Disclosure yang mengklasifikasi pada 4 (empat) Area yakni; Area Terbuka, Area Buta, Area Tersembunyi, Area Tidak Diketahui dan Komunikasi Hubungan Antarpribadi yang menguraikan mengenai proses pengiriman pesan-pesan antar dua orang atau diantara sekelompok kecil orang-orang, dengan efek dan umpan balik secara langsung dengan orang lain. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dan dibantu dengan teknik pengumpulan data seperti wawancara mendalam, studi pustaka, observasi partisipan, dan dokumentasi. Area Terbuka, berisikan semua informasi, perilaku, sikap, perasaan, keinginan, motivasi, gagasan dan sebagainya yang dikenali oleh diri sendiri dan orang lain; Area Buta, berisikan informasi tentang diri kita yang diketahui orang lain, tetapi kita sendiri tidak mengetahuinya; Area Tersembunyi, dari diri kita yang tidak diketahui baik oleh orang lain maupun diri kita sendiri; Area Tidak Diketahui, mengandung semua hal yang kita ketahui tentang diri sendiri dan tentang orang lain, tetapi kita hanya menyimpannya untuk diri kita sendiri. Berdasarkan hasil penelitian ini, ditemukan adanya Mahasiwa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Nasional Angkatan 2018 pada Area Terbuka mendeskripsikan dirinya melalui sosial media, kemudian adapun mahasiswa pada Area Buta yang mempunyai pandangan bahwa instastories hanya digunakan sebagai fitur untuk menyampaikan kegiatan-kegiatannya, tanpa ada unsur rasa sedih dan kecewa, lalu ada pada Area Tersembunyi yang menggunakan Instastories hanya kepada orang banyak ingin dilihat oleh setiap orang berkegiatan pada aktivitas tertentu sebagai identifikasi personal atas dirinya. Mahasiswa disarankan melakukan pengungkapan diri yang bersifat positif yang dapat menginspirasi orang lain.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Delvy Aplirizani -
Date Deposited: 01 Aug 2023 02:11
Last Modified: 21 Dec 2023 08:18
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/8125

Actions (login required)

View Item View Item