INOVASI LAYANAN DALAM MEWUJUDKAN KEPUASAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS RAGA JAYA KECAMATAN BOJONG GEDE KABUPATEN BOGOR

Sebayang, Elsana Regita (2023) INOVASI LAYANAN DALAM MEWUJUDKAN KEPUASAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS RAGA JAYA KECAMATAN BOJONG GEDE KABUPATEN BOGOR. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (516kB)
[img] Text
BAB 2 (2).pdf

Download (664kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (580kB)
[img] Text
bab 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (318kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis inovasi layanan dalam mewujudkan kepuasan masyarakat di Puskesmas Raga Jaya Kecamatan Bojonggede Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dimana sejenis data terdiri dari primer yang diperoleh melalui, wawancara dan observasi langsung di lapangan, sedangkan data sekunder bersumber dari data Puskesmas Raga Jaya dengan menggunakan lima indicator inovasi menurut Rogers, E.M. (2003) yaitu keuntungan relatif, kesusaian, kerumitan, kemungkinan dicoba dan kemudahan diamati. Adapun hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, penyelenggara Inovasi Layananan Dalam Mewujudkan Kepuasan Mayarakat di Puskesmas Raga Jaya Kecamatan Bojonggede Kabupaten Bogor bahwa pada dasarnya keluhan masyarakat adalah ketidakpuasan dalam pelayanan, akan tetapi pihak pegawai akan memperbaiki agar masyarakat merasakan kepuasan walaupun ada kurangnya karena sumber daya manusia terbatas dan perlunya inovasi pelayanan di Puskesmas Raga Jaya agar pelayanan yang diberikan Puskesmas Raga Jaya semakin baik dari waktu ke waktu. Namun inovasi dalam konteks mewujudkan kepuasan masyarakat di Puskesmas Raga Jaya Kecamatan Bojonggede Kabupaten Bogor tidak ditemukan dalam penelitian ini. Oleh karena pentingnya inovasi pengelola Puskesmas untuk memudahkan warga mengakses pelayanan Kesehatan, maka aplikasi mengenai informasi pelayanan Kesehatan perlu inovasi yang dapat mewujudkan kepuasan masyarakat dalam menerima layanan. Inovasi Layanan kesehatan itu juga sudah sesuai dengan pedoman umum atau pemerintah yang dimana pelayanan yang baik di bidang kesehatan kepada masyarakat merupakan cerminan kepedulian dan perhatian pemerintah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Delvy Aprilizani -
Date Deposited: 03 Jul 2023 04:30
Last Modified: 03 Jul 2023 04:30
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/7263

Actions (login required)

View Item View Item