STRATEGI PRODUSER DALAM PROSES PRODUKSI PROGRAM ZONA BISNIS DI METRO TV

Salsabila, Dhea (2023) STRATEGI PRODUSER DALAM PROSES PRODUKSI PROGRAM ZONA BISNIS DI METRO TV. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER (cover, lembar penunjang, kata pengantar, daftar isi.pdf

Download (719kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (716kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (459kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (312kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi produser dalam proses produksi program Zona Bisnis di Metro TV. Meliputi peran produser dan bagaimana strategi produser dalam pra produksi, produksi, hingga pasca produksi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi produser dalam proses produksi program Zona Bisnis di Metro TV. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah Produser sebagai key informan, Executive Producer sebagai informan 1 dan Production Assistant sebagai informan 2. Sedangkan objek penelitian ini adalah strategi porduser program Zona Bisnis di Metro TV. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teori yang digunakan yaitu Teori Strategi Manajemen Program Peter K. Pringle. Hasil penelitian yang dilakukan bahwa seorang produser berperan penting dalam tahap proses produksi program Zona Bisnis di Metro TV. Strategi produser untuk meningkatkan kualitas isi berita dalam proses produksi program Zona Bisnis yaitu produser harus paham isu dan up to date seputar perkembangan ekonomi dan bisnis, berita yang ditayangkan lebih mengenai ekonomi makro Indonesia dan internasional. Produser menentukan narasumber yang mempunyai kriteria sesuai dengan materi yang dibahas, seperti seorang pengamat ekonomi, akademisi, menteri. Produser juga harus mampu berinovasi dan bervariasi dalam meningkatkan kualitas pengemasan berita yang lebih menarik. Akan tetapi produser memiliki hambatan dalam kurangnya sumber daya manusia (SDM) dalam proses produksi program Zona Bisnis di Metro TV.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1990 Broadcasting
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Delvy Aprilizani -
Date Deposited: 23 Jun 2023 04:03
Last Modified: 23 Jun 2023 04:03
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/7085

Actions (login required)

View Item View Item