Annisah, Siti Safira (2023) Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Rebo. Diploma thesis, Universitas Nasional.
Text
Cover (Cover, Lembar Penunjang, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi).pdf Download (614kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (234kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (296kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (321kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (268kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (207kB) |
|
Text
Lampiran (Daftar Pustaka_Lampiran-Lampiran_Lembar Hasil Turnitin) 1.pdf Download (1MB) |
Abstract
Latar Belakang : Komunikasi terapeutik merupakan komunikasi yang dilakukan secara sadar dan direncanakan bertujuan untuk kesembuhan pasien, sehingga terbina hubungan saling percaya antara perawat dan pasien. Faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien adalah komunikasi karena komunikasi merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh perawat. Di Rumah Sakit masih terdapat perawat yang belum melakukan komunikasi terapeutik dengan baik terutama saat melakukan tindakan, apabila tidak terapkan akan mengganggu hubungan terapeutik yang berdampak pada ketidakpuasan pasien. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien di rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Rebo. Metodelogi : Desain penelitian ini menggunakan desain deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap RSUD Pasar Rebo. Teknik pengumpulan data dengan purposive sampling dengan jumlah sampel 80 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner komunikasi terapeutik perawat dan kuesioner kepuasan pasien. Analisa yang digunakan yaitu uji chi-square. Hasil Penelitian : Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi yang terapeutik dan responden yang menyatakan puas sebanyak 69 orang (86,3%). Analisa uji chi-square diperoleh nilai p-value 0,000 < 0,05 yang menunjukkan terdapat hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien dan OR (Odds Ratio) = 28.438, artinya komunikasi terapeutik perawat berisiko sebesar 28 kali untuk mendapatkan kepuasan pasien dibandingkan dengan komunikasi terapeutik kategori tidak terapeutik. Simpulan dan Saran : Terdapat hubungan antara komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien di rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Rebo. Diharapkan untuk perawat agar mempertahankan serta meningkatkan komunikasi terapeutik sehingga terbina hubungan saling percaya antara perawat dengan pasien serta memberi kepuasan dalam pelayanan keperawatan. Kata kunci: Komunikasi terapeutik, perawat, kepuasan pasien, Kepustakaan : 35 Kepustakaan (2014-2022)
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Keperawatan |
Depositing User: | - Abdurrahman - |
Date Deposited: | 22 Jun 2023 02:26 |
Last Modified: | 22 Jun 2023 02:26 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/7043 |
Actions (login required)
View Item |