PENGARUH PESAN KAMPANYE #KAMUBERHARGA OLEH KOMUNITAS RAHASIA GADIS TERHADAP MOTIVASI UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI (Survey Pada Followers Instagram Rahasia Gadis)

Yuanita, Sania (2023) PENGARUH PESAN KAMPANYE #KAMUBERHARGA OLEH KOMUNITAS RAHASIA GADIS TERHADAP MOTIVASI UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI (Survey Pada Followers Instagram Rahasia Gadis). Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover (Cover, Lembaran Penunjang, Abstrak,Kata Pengantar, Daftar isi).pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (515kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (489kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (923kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (105kB)
[img] Text
LAMPIRAN (Daftar Pustaka, lampiran lampiran, lembar awal hasil turnitin).pdf

Download (8MB)

Abstract

Masih ada masalah yang tersebar luas dengan kebencian terhadap perempuan. Ada peningkatan yang signifikan dalam kasus bunuh diri perempuan selama 12 tahun terakhir—tepatnya 792%. Ada peningkatan masalah kekerasan terhadap perempuan di tempat kerja dan di rumah, dan belum sepenuhnya ditangani. Salah satu komunitas perempuan di Indonesia yang peduli dengan tantangan yang dihadapi perempuan di tanah air mengingat strategi pemerintah saat ini adalah komunitas gadis tersembunyi. Sebuah komunitas yang bekerja untuk melindungi perempuan dan memberi mereka ruang aman adalah komunitas Rahasia Gadis. Komunitas ini mengangkat isu kekerasan seksual ke media. Untuk menghormati Hari Perempuan Internasional, Rahasia Gadis telah bergabung dengan gerakan #KamuBerharga. Pesan dari kampanye #KamuBerharga harus dipahami secara luas oleh masyarakat untuk meningkatkan kesadaran diri dan kepedulian terhadap sesama. Studi ini dilakukan untuk mempelajari lebih lanjut tentang dampak pesan kampanye #KamuBerharag terhadap dorongan membangun rasa percaya diri komunitas muda Indonesia. Dalam penelitian ini, kami menggunakan dimensi struktur pesan, konten, dan bahasa untuk mengidentifikasi variabel tingkat pesan kampanye #KamuBerharga. Sementara itu, dimensi optimisme, tanggung jawab, keterbukaan terhadap pengalaman, dan rasionalitas digunakan untuk mengetahui faktor-faktor penentu kepercayaan diri. Penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dan kuesioner sebagai alat penelitian utamanya. Sampel penelitian ini adalah pengguna Instagram yang mengenal atau mengikuti akun @rahasiagadis. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara pesan kampanye #KamuBerharga dengan motivasi untuk meningkatkan rasa percaya diri. Hal ini ditunjukkan dengan uji signifikansi (uji F) dengan tingkat signifikansi 0,05 menunjukkan signifikansinya lebih dari 0,0000005. Akibatnya, hipotesis yang diajukan, H1, diterima sedangkan hipotesis alternatif, H0, ditolak. Kicauan pasca kampanye #kamuberharga berdampak signifikan terhadap tekad masyarakat untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka dengan selisih 63,9%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 21 Jun 2023 02:07
Last Modified: 21 Jun 2023 02:07
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/6992

Actions (login required)

View Item View Item