CHATBOT MENGGUNAKAN NATURAL LANGUAGE PROCESSING (NLP) PADA TOKO BUNGA ONLINE

Anjani, Queeny Praviyanti (2023) CHATBOT MENGGUNAKAN NATURAL LANGUAGE PROCESSING (NLP) PADA TOKO BUNGA ONLINE. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (373kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (383kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (539kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (231kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (281kB)

Abstract

Dengan kemajuan teknologi saat ini, segala transaksi dilakukan secara digital.Tadinya, transaksi jual beli hanya dilakukan secara konven-sional di pasar antara penjual dan pembeli. Saat ini, bisnis dapat dil-akukan dengan mudah berkat adanya toko online yang biasa disebut e – commerce. E -commerce adalah transaksi bisnis yang terdapat dalam jaringan elektronik. Penggunaan teknologi berbasis Artificial Intelligence (AI) pada website pun tidak bisa dipungkiri, aplikasi chatbot adalah salah satu contohnya. Chatbot merupakan sebuah program komputer yang dapat mensimulasikan percakapan secara otomatis berdasarkan informasi yang diberikan sebelumnya. Pada penelitian ini, chatbot dirancang agar dapat menjawab pertanyaan dari pengguna dengan cepat dan otomatis tanpa perlu adanya bantuan dari admin yang sedang dalam jaringan. Selain untuk menjawab pertanyaan yang diajukan, chatbot ini dapat membantu untuk memberikan rekomendasi.Metode Rule Based Reasoning merupakan sebuah teknik pada sistem pendukung keputusan yang memiliki dasar ilmu pengetahuan. Metode ini penyelesaikan masalah berdasarkan aturan dalam ilmu dasar pengetahuan untuk menyelesaikan masalah dengan menggunakan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence). Dari data analisis yang telah dilakukan, peneliti dapat memberikan kesimpulan bahwa pengujian kemiripan kalimat bisa dilakukan dengan baik. Chatbot akan menampilkan jawaban jika pertanyaan yang diinput oleh user memiliki kemiripan kata minimal 70% dari nilai pengujian. Jika pertanyaan memiliki kemiripan kata <70% dari nilai pengujian, maka chatbot tidak mengerti apa yang dimaksud oleh user dan akan menampilkan jawaban default.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika > Program Studi Sistem Informasi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 20 Jun 2023 06:32
Last Modified: 20 Jun 2023 06:32
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/6963

Actions (login required)

View Item View Item