Pengaruh Konten Run BTS! Dalam Aplikasi Weverse Terhadap Minat Belajar Bahasa Korea Pada Followers Akun Twitter @indomyfess

Restiana, Monica Moon (2023) Pengaruh Konten Run BTS! Dalam Aplikasi Weverse Terhadap Minat Belajar Bahasa Korea Pada Followers Akun Twitter @indomyfess. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover.pdf

Download (497kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (514kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (133kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dengan semakin maraknya konten K-Pop yang menarik khususnya konten dari grup BTS di Indonesia membuat penggemar tidak hanya ingin mengetahui budaya Korea Selatan tetapi juga bahasanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh dari konten yang dibuat oleh grup BTS yaitu Run BTS! terhadap minat belajar bahasa Korea dan seberapa besar pengaruh konten Run BTS! tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang di analisa menggunakan regresi linear sederhana. Teori yang digunakan di dalam penelitian ini adalah teori Stimulus – Response untuk mengetahui adakah pengaruh yang disebabkan dari media yang menghasilkan efek atau respon audiens. Data penelitian didapatkan dari penyebaran kuesioner secara online kepada 100 responden followers akun twitter @indomyfess yang dihitung dengan rumus slovin dan kemudian di olah menggunakan program SPSS 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari uji T (ttest) yang dilakukan t hitung bernilai 6,394 lebih besar dari nilai t tabel sebesar 1,660, yang mana hipotesis H a diterima dan H 0 ditolak atau Konten Run BTS! memiliki pengaruh terhadap Minat Belajar Bahasa Korea pengikut akun twitter @indomyfess. Penelitian ini yang juga diukur menggunakan Teknik Pencapaian Responden (TCR) menunjukkan bahwa penggemar BTS yang dijadikan sampel paling terpengaruh atas isi konten Run BTS! yang menarik dan isi konten yang dapat diterima sehingga membuat mereka berminat untuk mempelajari bahasa Korea. Hasil uji yang dilakukan juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh sebesar 29,4% Konten Run BTS! terhadap Minat Belajar Bahasa Korea. Dimana jika dilihat dari interpretasi pengaruh pada variabel Konten Run BTS! terhadap minat belajar bahasa Korea di dalam penelitian terlihat rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Sastra > Program Studi Bahasa Korea
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 16 Jun 2023 07:02
Last Modified: 16 Jun 2023 07:02
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/6817

Actions (login required)

View Item View Item