Nagabe, Ashrar Ghaffar (2023) REPRESENTASI SENI BELA DIRI TRADISIONAL KOREA TAEKKYEON DALAM WEBTOON THE GOD OF HIGH SCHOOL KARYA YOUNG JAE PARK. Diploma thesis, Universitas Nasional.
Text
COVER.pdf Download (496kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (344kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (640kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (137kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (249kB) |
Abstract
Taekkyeon merupakan seni bela diri tradisional Korea yang mengutamakan pengunaan kaki untuk menyerang. Taekkyeon diperkirakan digunakan sejak era Goryeo hingga era Joseon sebagai bagian dari pelatihan militer, selain itu taekkyeon juga digunakan sebagai seni pertunjukan dimana pelaksanaanya diatur oleh kalangan bangsawan dan pejabat pemerintahan. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan taekkyeon pada webtoon The God of High School karya Young Jae Park. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif melalui metode simak bebas libat cakap (SBLC) dengan memfokuskan pada gerakan-gerakan taekkyeon yang ada pada webtoon tersebut terutama yang dilakukan oleh tokoh Ilpyo Park. analisa representasi menggunakan teori semiotika Charles S. Pierce. Hasil penelitian menunjukan bahwa hingga saat ini, taekkyeon masih terus dikembangkan dan dilestarikan oleh pemerintah Korea Selatan bersama pakar taekkyeon; Seong Duk Ki. Hingga saat ini sudah ada dua organisasi taekkyeon di Korea Selatan yaitu Korean Traditional Taekkyeon Association dan Korean Taekkyeon Federation. karakter Ilpyo Park di dalam webtoon The God of High School mereprentasikan tiga belas gerakan taekkyeon yang mencangkup tendangn ateupgeori, ddanjuk, dan kyeolyeon taekkyeon yang digunakannya dalam pertarungan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Sastra > Program Studi Bahasa Korea |
Depositing User: | Miss Rahma Rahmawati |
Date Deposited: | 16 Jun 2023 03:38 |
Last Modified: | 16 Jun 2023 03:38 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/6799 |
Actions (login required)
View Item |