KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL ANTARES KARYA RWEINDA (ANALISIS PSIKOLOGI SASTRA)

Ngilawan, Florentina (2023) KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL ANTARES KARYA RWEINDA (ANALISIS PSIKOLOGI SASTRA). Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover (Cover, Lembar Penunjang, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi)_Florentina Ngilawan.pdf

Download (966kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (135kB)
[img] Text
LAMPIRAN (Daftar Pustaka, Lampiran-Lampiran, Hasil Cek Turnitin)_Florentina Ngilawan.pdf

Download (993kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepribadian tokoh utama Ares dalam novel Antares karya Rweinda melalui analisis psikologi sastra, dan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Antares karya Rweinda berdasarkan kepribadian tokoh utama. Metode untuk menganalisis novel ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif yang menempatkan peneliti sebagai instrumen utama dalam penelitian yang dimulai dari tahap awal penelitian sampai pada hasil penelitian. Data primer yang peneliti gunakan adalah buku novel Antares karya Rweinda dianalisis dengan menggunakan teori psikologi sastra, selain itu penulis juga menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Antares dengan dikaitkan pada kepribadian tokoh utama. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik kepustakaan dan teknik simak catat. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Kepribadian tokoh utama Ares di dalam novel Antares didasarkan pada teori kepribadian psikoanalisis Sigmund Freud yang diperoleh gambaran tentang struktur kepribadian tokoh yang dipengaruhi oleh ketiga sistem kepribadian yaitu id, ego, dan superego; (2) novel Antares mengandung 12 nilai-nilai pendidikan karakter; dan (3) novel Antares karya Rweinda relevan atau dapat dijadikan cerminan nilai-nilai pendidikan karakter terhadap semua kalangan pembaca (para penikmat sastra) secara umum, tanpa terkecuali.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Sastra > Program Studi Sastra Indonesia
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 12 Jun 2023 04:20
Last Modified: 12 Jun 2023 04:20
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/6693

Actions (login required)

View Item View Item